Connect with us

Kota Banjarbaru

Nasib Tragis Pasar Bauntung Banjarbaru, Usai Ditutup Kini Bangunan Dilalap Api

Diterbitkan

pada

Bekas Pasar Bauntung Banjarbaru yang terbakar Jumat (28/5/2021) siang Foto: ist

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU– Nasib Pasar Bauntung Banjarbaru benar-benar tragis. Sejarah panjang pasar yang dibangun sejak tahun sejak 1964, seiring dibangunnya kota Banjarbaru, kini kian mengenaskan dengan terjadinya kebakaran pada Jumat (28/5/2021) sekitar pukul 14.00 Wita.

Ya, sejak ditutup kawasan bekas pasar itu ditutup dengan pagar seng oleh Pemko Banjarbaru. Sejak semua pedagang yang menempati kios-kios dan lapak dipindahkan tak pernah ada lagi aktivitas jual beli di tempat itu. Bekas bangunan yang menjadi aset Pemko Banjarbaru itu belum sempat dibersihkan.

Sehabis shalat Jumat, warga dibikin heboh. Kepulan asap hitam membumbung tinggi terlihat dari bekas Pasar Bauntung Banjarbaru. Kebakaran tersebut, sontak mengagetkan sejumlah warga sekitar lokasi eks Pasar Bauntung.

Beberapa warga yang bahkan belum lepas mengenakan sarung usai Jumatan, langsung ikut terjun ke lokasi membantu proses pemadaman.

“Saya habis Jumatan dan melihat asap tebal di bekas Pasar Bauntung. Api demikian cepat menyebar, untungnya tak beberapa lama petugas pemadam datang ke lokasi,” kata Saiful, warga yang ditemui di lokasi kebakaran.

Ia mengatakan, belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut. Namun diduga berasal dari salah satu bangunan yang ada di bagian depan pasar.

“Kan bangunan itu memang kosong, setelah ditutup Pemko Banjarbaru beberapa waktu lalu,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, Kanalkalimantan.com masih mengkonfirmasi peristiwa tersebut kepada pihak terkait.

Namun demikian, Pasar Bauntung merupakan bagian sejarah dari Kota Banjarbaru. Pasar yang dibangun sejak 1964, diarsiteki oleh Van Der Pijl yang juga sebagai perancang kota Banjarbaru.

Pasar tersebut ditutup, seiring kebijakan Pemko Banjarbaru yang memindahkan kawasan pasar ke lokasi pasar baru di Jalan RO Ulin Loktabat Selatan.

Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono sebelumnya mengatakan, penutupan Pasar Bauntung lama sesuai kesepakatan PKL yang sepakat tidak berjualan lagi sejak, Rabu (17/3/2021) dan pindah secara swadaya dari pasar tersebut.

“Sebelumnya, Pasar Bauntung bagian dalam sudah ditutup, namun PKL di luar pasar minta waktu tetap berjualan hingga 17 Maret 2021 sehingga mulai Kamis dinihari segala aktivitas PKL tidak ada lagi,” ujarnya.

Menurut dia, penutupan pasar lama itu dialihkan ke lokasi Pasar Bauntung baru Jalan RO Ulin yang menampung 1.172 pedagang resmi dan beroperasi sejak 26 Februari 2021 lalu seiring soft opening pasar milik Pemko itu. (Kanalkalimantan.com/dewi)

 

Reporter : Dewi
Editor : Cell

 

 


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->