Connect with us

RELIGI

50 Ribu Jamaah Hadiri Tabligh Akbar Habib Umar di Palangkaraya

Diterbitkan

pada

Ribuah jammah menghadiri tabligh akbar Habib Umar di Palangkaraya. Foto : ist

PALANGKARAYA, Puluhan ribu jamaah dari Kalimantan hadir di Lapangan Senaman Mantikai, Palangkaraya, Sabtu (28/9) sore hingga malam. Kedatangan mereka tak lain untuk mengikuti tabligh akbar, Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz, asal Yaman.

Acara tersebut sekaligus diikuti pemecahan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) untuk pagelaran Rebana terbanyak. Sebelumnya juga, digelar serangkaian acara pertemuan (multaqo) ulama se-Kalimantan yang secara khusus dihadiri oleh tamu kehormatan ulama Turki dan disambung kemudian dialog lintas agama bersama para pemimpin lintas agama.

Habib Umar bin Hafidz adalah pendiri pesantren Darul Musthofa, Tarim, Handramaut Yaman yang memiliki kegiatan rutin melakukan safari dakwah. Ulama kharismatik tersebut, selama ini, berdakwah keliling Indonesia dan belahan negara lain di seluruh dunia seperti Syiria, Lebanon, Jordania, Irak, Mesir, Pakistan, India, Malaysia, Singapura, Australia dan Eropa, sehingga banyak memiliki jemaah di Indonesia.

Pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 1994 sebagai utusan Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf yang berada di Jeddah dengan misi mengingatkan dan menggugah semangat dan rasa kepedulian para Alawiyyin Indonesia yang mulai lupa akan ajaran nilai-nilai leluhur tersebut.

Kedatangan Habib Umar bin Hafidz ke Palangkaraya, juga memenuhi undangan Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran sebagai bentuk penghormatan terhadap ulama dan demi untuk memenuhi keinginan warga Kalteng mendengarkan nasehat dakwah sang Habib.

Melalui kerjasama dengan SEAM Group dan Yayasan Muwasholah maka keinginan pemimpin masyarakat Kalteng yang paling dihormati ini disampaikan oleh CEO SEAM Group langsung ke kediaman Habib Umar bin Hafidz di Tarim Yaman pada bulan Juli lalu dan lantas disetujui sebagai rangkaian dari Safari Dakwah di Indonesia untuk tahun 2019.

Sementara Kapolres Palangkaraya AKBP Timbul RK Siregaryang langsung turun mengendalikan pengamanan mengatakan, salut kepada jamaah yang hadir di tabligh akbar ini. “Masyarakat dan jamaah sangat tertib dan khusu’ mengikuti seluruh rangkaian tabligh akbar. Meski jamaah yang hadir cukup banyak namun semua berjalan dengan tertib, lancar dan aman,” katanya.

“Saya atas nama Polres Palangkaraya mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kota Palangka Raya yang sangat membantu jalannya acara. Ucapan terimakasih juga kita sampaikan kepada masyarakat dari luar daerah yang sangat tertib dan tetap menjaga Kamtibmas selama mengikuti kegiatan. Tetap jaga keselamatan saat kembali ke daerah masing-masing, istirahat bila merasa lelah saat berkendara. Kita doakan semoga seluruh jamaah kembali ke daerah masing-masing dengan selamat,” tambah AKBP Timbul RK Siregar.

Menurut perkiraan jumlah jamaah yang hadir di tabligh akbar sekitar 50 ribu jamaah lebih dan tabligh akbar berakhir sekitar pukul 00.15 WIB.(ngd/dew)

Reporter : Ngd/dew
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->