313 Guru Ikut Validasi Sertifikasi Disdik Banjar - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Banjar

313 Guru Ikut Validasi Sertifikasi Disdik Banjar

Diterbitkan

pada

Validasi sertifikasi dan sosialisasi setifikasi guru Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, di Hotel Roditha Banjarbaru. Foto : rendy

MARTAPURA, Meningkatkan kompetensi kepribadaian, sosial, dan profesional  guru, sehingga memiliki performa sebagai pendidik maupun pemimpin bagi peserta didik, Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar menggelar validasi sertifikasi dan sosialisasi setifikasi guru Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, di Hotel Roditha Banjarbaru, Rabu (10/10).

Validasi sertifikasi diikuti 313 guru, terdiri dari 28 orang guru Paud, 210 guru SD, dan 75 guru SMP se-Kabupaten Banjar.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar  H Gusti Ruspan Noor SE MM, kegiatan ini ditujukan untuk menuntun para guru sehingga bisa melek teknologi, sehingga dapat mengikuti perubahan yang menuntut kualitas pendidikan secara umum dan kualitas pendidikan guru secara khusus. Sebagai wujud nyata program Pemkab Banjar merealisasikan visi dan misi Bupati Banjar di bidang pendidikan. Kompetensi guru dalam jabatan sebagai tenaga profesional pada satuan pendidikan harus memenuhi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.

“Kita adakan kegiatan ini tidak lain untuk menghasilkan guru-guru di Kabupten Banjar yang profesional, mampu mengakses internet. Sehingga informasi yang berkenaan dengan dunia pendidikan bisa dilihat melalui internet, jadi diharapkan melalui kegiatan ini dapat meng-upgred kemampuan guru menjadi guru yang profesional,”  ujarnya.

Berdasarkan pasal 3 ayat 1 Kemendiknas Nomor 8 tahun 2009 menyatakan Program Profesi Guru (PPG) dilaksanakan perguruan tinggi yang memiliki tenaga pendidikan, memenuhi persyaratan dan ditetapkan kementrian.

“PPG itu ada dua jenis, seperti PPG Prajabatan yang harus menempuh profesi guru selama satu tahu, dan PPG dalam jabatan yang nanti akan ditempuh selama enam bulan, kegiatan ini juga merupakan upaya pembekalan sebelum memasuki program profesi guru, sehingga diharapkan yang lulus dalam mengikuti pendidikan semakin meningkat,” jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, pada tahun 2016  hanya 13 orang guru yang lulus mengikuti kompetensi. Kemudian di tahun 2017 menjadi 200 guru yang lulus PPG setelah mengikuti kegiatan ini.

Bupati Banjar KH Khalilurrahman mengatakan, memberikan apresiasi luar biasa validasi PPG tahun 2018. “Guru profesional adalah guru yang memiliki komponen tertentu sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh profesi keguruan. Guru profesional senantiasa menguasai bahan atau materi membelajaran yang akan di ajarkan dalam interaksi belajar mengajar, serta senantiasa mengembangkan kemampuan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Demi kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Banjar, program sertiflkasi guru bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru, akhirnya berdampak pada mutu pendidikan.

“Perlu saya ingatkan sertifikasi itu adalah sebuah tanggung jawab moral maupun spiritual kita, sehingga hendaknya kedepan profesi guru sertifikasi dijalankan dengan tugas dan fungsinya,” pungkas Bupati Banjar. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan