Connect with us

RELIGI

3 Amalan Nisfu Syaban dari Baca Syahadat, Istighfar hingga Perbanyak Doa

Diterbitkan

pada

Ilustrasi 3 Amalan Nisfu Syaban dari Baca Syahadat, Istighfar hingga Perbanyak Doa - ibadah, doa, Muslim. Foto: pexels.com
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM – Tepat hari ini 15 Maret 2021 adalah 1 Syaban 1442 H. Dalam bulan Syaban ini ada nisfu syaban dan amalan yang dapat dikerjakan oleh umat Muslim. Apa saja amalan nisfu syaban tersebut?

Syaban adalah bulan penuh berkah dan kebaikan. Melansir dari NU, pada momen nisfu syaban, Allah membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya bagi umat muslim. Oleh sebab itu, pada bulan syaban inilah umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah dan amalan. Dalam sebuah hadis HR Al-Bukhari, mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW sering menunaikan puasa sunah pada nisfu syaban dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Nisfu artinya pertengahan. Sehingga Nisfu Syaban berarti pertengahan bulan Syaban. Nisfu Syaban juga dikenal sebagai Laylatul Bara’ah atau Laylatun Nisfe min Sha’ban. Peringatan malam Nisfu Syaban berlangsung setiap malam tanggal 15 Syaban.

Dalam kalender masehi 1442 H, Nisfu Syaban terjadi pada 28-29 Maret 2021 mendatang. Berikut ini amalan nisfu syaban yang bisa dilakukan oleh umat muslim melansir dari kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki.



1. Memperbanyak Doa

Anjuran untuk memperbanyak doa selama bulan ini tertuang dalam hadis riwayat Abu Bakar bahwa Rasulullah bersabda:

“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

2. Membaca Dua Kalimat Syahadat

Dua kalimat syahadat adalah kalimat yang mulia. Kalimat tersebut baik dibaca kapan pun dan di mana pun, terutama ketika malam nisfu syaban. Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan:

“Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya.”

3. Perbanyak Istighfar

Istighfar adalah salah satu cara untuk meminta ampunan kepada Allah SWT. Sebab, sebagai manusia tentu kita tak luput dari kesalahan dan dosa.

Oleh karena itu, memperbanyak istigfar diharapkan bisa diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT, terutama ketika malam nisfu syaban. Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan:

“Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan”.

Itulah beberapa amalan nisfu syaban yang dapat dikerjakan nanti pada 28-29 Maret 2021. Semoga Allah SWT selalu memberi kemuliaan untuk umatnya.(Suara)

Editor : Suara

 


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->