208 Peserta Ikut UNAR, Syarat Dapatkan Izin Amatir Radio - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kab. HSU

208 Peserta Ikut UNAR, Syarat Dapatkan Izin Amatir Radio

Diterbitkan

pada

Anggota radio amatir se Kalsel mengikuti Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) tahun 2018 di Kabupaten HSU. Foto : dewahyudi

AMUNTAI, Sebanyak 208 peserta anggota radio amatir se Kalsel mengikuti Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) tahun 2018 yang digelar Kementrian Komunikasi dan Informatika RI -Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika.

UNAR tahap pertama sebelumnya dilaksanakan di Martapura, Kabupaten Banjar, dilanjutkan digelar di SMKN 2 Amuntai, Kabupaten HSU, Minggu (7/10).

Peserta ujian terdiri dari 191 siaga, 14 penggalang dan 3 penegak mengikuti kegiatan UNAR.

Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banjarmasin Mujio, UNAR merupakan suatu bentuk pelayanan dari pemerintah khususnya di bidang telekomunikasi.

Pendaftaran tes UNAR dilakukan secara online yang sudah difasilitasi dari Kemkominfo sebagai salah satu komitmen Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika untuk menyediakan perizinam di bidang spektrum dan frekuensi radio.

“Peserta yang lulus mendapatkan sertifikat sebagai syarat tahap pengajuan izin amatir radio (IAR),” kata Mujio saat membuka UNAR.

Ia berharap mereka yang sudah memiliki IAR tergabung dalam organisasi amatir radio dalam melakukan kegiatan tetap berpedoman kode etik dan mantaati segala peraturan spektrum frekuensi radio. Perangkat telekomunikasi yang digunakan harus bersertifikasi yang sudah diatur dalam Undang-Undang telekomunikasi.

Sementara itu, Sekretaris ORARI Daerah Kalsel Muhammad Yani mengatakan, UNAR adalah sebagai syarat mendapatkan IAR, dan setiap yang mendapatkan IAR wajib menjadi anggota organisasi.

Lebih lanjut, pemerintah melalui Kemkominfo sudah membuat aplikasi pendaftaran secara online yang bisa memudahkan para peserta amatir radio.

“Meskipun pendaftaran secara online masih banyak peserta tidak familiar, diharapkan nanti kedepannya masyarakat terbiasa untuk melakukan pendaftaran secara online,” pungkas Yani. (dew)

Reporter: Dew
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan