Connect with us

Infografis Kanalkalimantan

20 Februari, Sejarah Munculnya Hari Pekerja Nasional

Diterbitkan

pada

Ilustrasi Hari Pekerja Nasional. Grafis: rideka/kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM – Tahukah bahwa ada Hari Pekerja Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Februari? Mungkin kebanyakan orang akan lebih tahu dengan Hari Buruh atau May Day yang memang dirayakan secara internasional. Tapi sesungguhnya, Hari Pekerja Nasional ini lah yang menjadi tonggak sejarah bersatunya para pekerja Indonesia sejak dahulu kala, dalam menyatukan semangat pekerja bersama pemerintah.

Hari Pekerja Indonesia diperingati pada 20 Februari 2023 dan terus digelar setiap tahun. Dasar penetapan 20 Februari sebagai hari pekerja Indonesia adalah surat Keputusan Presiden Nomor 9 yang disampaikan dalam sambutan tertulis.

Keputusan tersebut ditetapkan pada tahun 1991. Adapun Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 1991 tentang hari pekerja Indonesia dapat dicek melalui laman BPK RI.

Isi Surat Keputusan tersebut adalah bahwa tanggal 20 Februari sebagai Hari Pekerja Nasional dan bukan hari libur. Hari pekerja Indonesia berbeda dengan Hari Buruh Internasional yang diperingati pada 1 Mei. Hari pekerja Indonesia muncul atas momentum kelahiran Federasi Buruh Seluruh Indonesia (FBSI).

 

Baca juga: Tumpahan BBM di A Yani Km 33,9 Banjarbaru, Satu Lajur Ditutup

Adanya hari pekerja Indonesia sesuai dengan keinginan serikat pekerja yang ada di berbagai perusahaan. Mereka ingin menyederhanakan dan menyatukan semangat seluruh pekerja Indonesia. FBSI sendiri merupakan gabungan dari 21 serikat buruh yang sebelumnya merupakan serikat buruh yang berafiliasi pada partai politik dan terdapat pula serikat buruh yang netral.

 

Sejarah Hari Pekerja Indonesia

Hari pekerja Indonesia dilatarbelakangi oleh keinginan berbagai Serikat Pekerja yang ada di berbagai perusahaan. Para pimpinan Serikat Pekerja berupaya mewujudkan aspirasi para pekerja. Setelah itu, mereka mendeklarasikan pembentukan Federasi Buruh Seluruh Indonesia (FBSI) pada tanggal 20 Februari 1973.

Dalam deklarasi tersebut, terpilih Agus Sudono sebagai Ketua Umum FBSI pertama. Deklarasi inilah yang menjadi tonggak awal bersatunya para pekerja Indoensia oleh pemerintah. Nama tersebut kemudian berubah menjadi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) pada kongres tanggal 23-30 November 1985.

Baca juga: Pria Ditemukan Tertelungkup Tak Bernyawa di Pinggir Jalan Kampung Melayu Darat

Kehadiran SPSI diharapkan mampu menumbuhkan jati diri di klangan pekerja Indonesia dan meningkatkan kebanggaan para pekerja Indonesia. Diharapkan SPSI dapat memotivasi pekerja Indonesia dalam rangka pengabdiannya kepada pembangunan Nasional yang dilandasi sistem Hubungan Industrial Pancasila.

Oleh karena itu, tanggal 20 Februari ditetapkan sebagai hari pekerja Indonesia. Setiap tahun, ketenagakerjaan hingga saat ini memang menjadi isu hangat karena jumlah tenaga kerja di Indonesia cukup besar. Meskipun demikian, iklim ketenagakerjaan di Indonesia disebut mengalami pergerakan ke arah lebih baik. (Kanalkalimantan.com/kk)

Editor : kk

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email