Connect with us

Olahraga

161 Pesilat Berlaga di Kejuaraan Dewasa se Kabupaten Banjar KONI Cup 1

Diterbitkan

pada

Kejuaraan pencak silat tingkat dewasa se Kabupaten Banjar KONI Cup I 2023 digelar di aula kantor Kecamatan Martapura Kota, Sabtu (2/12/2023) siang. Foto: ipsibanjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Kejuaraan pencak silat tingkat dewasa se Kabupaten Banjar KONI Cup I 2023 digelar di aula kantor Kecamatan Martapura Kota, Sabtu (2/12/2023) siang.

Ajang ini diikuti perguruan pencak silat dari Pagar Nusa, Tapak Suci, PSHT, PSHT Madiun, Naga Hijau, Kucing Hitam, KPS Nusantara, Persinas Asad, Panca Warna, Merpati Putih, PSB Sipecut, Mega Nanda, Merpati Putih, Al Hikmah, Intan Sari, Macan Kumbang, dan IKS-PI Kera Sakti.

Ketua Harian IPSI Kabupaten Banjar, Muhammad Syafi’ei Rifqi mengatakan, kejuaraan ini digelar berdasarkan program kerja IPSI Kabupaten Banjar.

Baca juga: Enam Lintasan Social Bowling, Arena Permainan Baru di Timezone Q Mall Banjarbaru 

“Mencari bibit pesilat Kabupaten Banjar yang handal, selain itu juga sebagai ajang silaturahmi antar perguruan pencak silat,” ujarnya. Kejuaran juga bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan ilmu bela diri dan seni budaya pencak silat yang menjadi salah satu olahraga populer dan berprestasi saat ini.

Teknis kejuaraan menggunakan sistem digital dan pertama kali dilaksanakan juga berdasarkan peraturan pertandingan baru tahun 2022. Sehingga semakin menarik dan lebih transparan dalam hal penilaian hasil pertandingan.

Ada 161 pesilat terdiri dari 119 pesilat putra dan 42 pesilat putri. Dengan jumlah 136 partai pertandingan terdiri dari kelas yang di pertandingankan yaitu 11 kelas tanding putra A sampai dengan J + under dan 10 kelas tanding putri A sampai d I + under.

Baca juga: Besok Subuh Aksi Bela Palestina di Murdjani, Steril dari Atribut Parpol-Capres-Caleg

Ditambah dengan seni tunggal, ganda, beregu peserta putra dan peserta putri. Sedangkan untuk sumber dana dari KONI Kabupaten Banjar.

“Harapannya ajang ini dijadikan agenda rutin tahunan, bahkan kalau bisa setahun bisa beberapa kali, karena dengan semakin seringnya dilaksanakan kejuaraan akan dapat mencetak pesilat berkualitas dan berprestasi,” katanya

Semua butuh dukungan, baik kebijakan pemerintah dan stakeholder terkait. Sehingga dapat dilakukan pembinaan secara berjenjang, baik melalui pembinaan daerah sampai tingkat nasional.

Baca juga: PJN 2 Kalsel Juara Turnamen Gateball Hari Bhakti PU Ke-78

“Pesilat juara nantinya wajib mengikuti kejuaraan selanjutnya tingkat provinsi mewakili Kabupaten Banjar. Apabila mengikuti daerah lain maka, baik atlet dan perguruannya akan dikenakan sanksi tidak bisa mengikuti kejuaraan berikutnya,” tegas Ketua IPSI Banjar

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua KONI Kabupaten Banjar yang di wakilkan Agung Wibisono beserta jajaran, Ketua Umum IPSI Banjar, Fahrani beserta pengurus IPSI Banjar, yang dalam sambutannya berpesan kepada semua pesilat agar selalu menjunjung tinggi sportifitas, sekaligus membuka acara secara resmi.(Kanalkalimantan.com/nh)

Reporter : nh
Editor : bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email