Connect with us

Kabupaten Banjar

10 Petani Banjar ke Bogor, Ikut Bimtek Program Serasi Kementan RI

Diterbitkan

pada

Kadis TPH Banjar HM Fachry Foto : dok kanal Kalimantan

MARTAPURA, Selama empat hari, 10 Petani di Kabupaten Banjar dikirim ke Bogor, Jawa Barat mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi).

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Banjar HM Fachry mengatakan, Pemkab Banjar serius ingin menyukseskan program Serasi, meski saat ini dihadapkan pada kendala alam berat yakni tingginya intensitas curah hujan yang membanjiri hamparan persawahan. Karena itu pula upaya untuk meningkatkan kemampuan teknis dan memperluas wawasan petani, terus dilakukan Pemkab Banjar melalui Dinas TPH.

Ada 10 orang petani yang dikirim ke Bogor, Jawa Barat, untuk mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Serasi. “Petani yang kami kirim berasal dari sejumlah desa,” ujarnya, Sabtu (9/2). Para petani itu yaitu Aulia Rahman, Kaspul Anwar, Hayatullah, Muhammad Hasanudin, Ahmad Supiani, Hamdi, Muhammad Wildan, Muhammad Khairi, Syahril Pani, dan Akhmad Sabirin Noor. Mereka berasal dari Kecamatan Gambut 2 orang, Martapura Barat 4 orang, Martapura Timur 2 orang, dan Kecamatan Sungai Tabuk 2 orang.

Lebih jauh Fachry mengatakan, dari Kalsel tak cuma petani Banjar yang mengikuti kegiatan Bimtek tersebut. Tapi, juga dari beberapa daerah lainnya yang terdapat lokasi program Serasi yakni Kabupaten Barito Kuala 10 orang, Hulu Sungai Utara 5 orang, Hulu Sungai Selatan  3 orang, Tanah Laut 3 orang, dan Kabupaten Tapin (cadangan) 2 orang.

Bimtek Serasi tersebut dilaksanakan sejak Kamis (7/2) hingga Minggu (9/2). Tempat pelaksanaannya di mess BBSDL di lingkungan Kampus Penelitian Pertanian, Cimanggu, di Jalan Tentara Pelajar. Tempat menginap para peserta Bimtek di Hotel Zest di Jalan Raya Pajajaran, Bogor.

“Inti kegiatan yakni sosialisasi program Serasi di wilayah yang ada lahan rawa lebak atau pasang surut. Itu adalah Bimtek petani millenial untuk mendukung Serasi,” sebut Fachry.

Program Serasi 2019 dilaksanakan Kementerian Pertanian di dua daerah yakni di Sumatera Selasatan (Musi Banyuasin, Banyuasin) dan di Kalsel. Masing-masing luasannya 250 ribu hektare. Di Kalsel, Program Serasi berlokasi di Kabupaten Batola 100 ribu hektare, Banjar 35 ribu hektare, Tapin 35 ribu hektare, Tanah Laut 30 ribu hektare, HSS 30 ribu hektare, dan HSU 20 ribu hektare. (rendy/trb)

Reporter : Rendy/trb
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares