Connect with us

Infografis Kanalkalimantan

10 Juli: Hari Kemerdekaan Energi Global

Diterbitkan

pada

Hari Kemerdekaan Energi Global diperingati setiap tanggal 10 Juli. Grafis: rideka/kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM – Hari Kemerdekaan Energi Global diperingati setiap tanggal 10 Juli dan mempromosikan kesadaran akan bentuk-bentuk energi alternatif. Hari dimana menawarkan kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bentuk-bentuk energi terbarukan, seperti tenaga surya, angin, dan panas bumi.

Pikirkan semua hal yang anda pergunakan setiap hari yang membutuhkan energi. Mobil, mesin pembuat kopi, sistem pemanas dan pendingin rumah, kompor kayu bakar. Begitu banyak hal yang membutuhkan energi. Tidak mengherankan bahwa setiap manusia di dunia menggunakan sekitar 78 juta British Thermal Unit (BTU) energi per tahun. Itu berarti seluruh populasi dunia menggunakan lebih dari 575 kuadriliun BTU energi setiap tahun!. Dimana 1 BTU sama dengan energi yang dilepaskan dalam 1 korek api.

Beberapa sumber energi yang paling umum digunakan orang adalah minyak, batu bara, dan gas. Jenis energi ini dikenal sebagai bahan bakar fosil. Ada banyak kekhawatiran tentang bahan bakar fosil. Salah satunya adalah bahan bakar tersebut pada akhirnya akan habis. Masalah bahan bakar fosil lainnya adalah polusi udara dan air, degradasi lahan, dan pemanasan global.

Masalah-masalah ini memotivasi para ilmuwan untuk menemukan bentuk-bentuk energi baru yang dapat diisi ulang. Jenis-jenis energi ini termasuk tenaga surya, angin, hidroelektrik, nuklir, dan panas bumi.
Beberapa orang percaya bahwa satu-satunya cara untuk mencapai kemandirian energi adalah dengan merangkul energi terbarukan. Sayangnya, hal ini sulit dilakukan. Beberapa alasannya termasuk kurangnya pengetahuan tentang cara kerja sumber energi ini dan juga berapa biaya yang harus dikeluarkan konsumen.

Satu lagi hambatan utama dalam beralih dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan adalah ketidaknyamanan dalam melakukannya. Inilah mengapa kesadaran akan energi terbarukan sangat penting.

Sejarah Hari Kemerdekaan Energi Global

Pada tahun 2006, Michael D Antonovich mencanangkan tanggal 10 Juli sebagai Hari Kemerdekaan Energi Global. Saat itu, Antonovich menjabat sebagai anggota Dewan Pengawas Daerah Los Angeles. Tanggal 10 Juli bertepatan dengan hari lahir Nikola Tesla, yang lahir pada tahun 1856. Tesla adalah seorang penemu berdarah Serbia-Amerika yang lahir di Kroasia. Tesla membuat banyak terobosan di bidang tenaga listrik. Penemuannya membantu membuka jalan untuk menemukan bentuk energi lain. (Kanalkalimantan.com/kk)

Editor: kk


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->