Connect with us

DISHUT PROV KALSEL

1.696,90 Ha Kawasan Hutan Batola Siap Dilakukan PPTKH

Diterbitkan

pada

Rapat Inventarisasi dan Verifikasi PPTKH di Dinas Kehutanan Prov Kalsel Foto: Dishut Kalsel

BANJARBARU, Permohonan Inventarisasi dan Verifikasi Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PPTKH) Kabupaten Batola telah disampaikan ke Sekretariat Tim Inver Penyelesaian Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan (PPTKH) Kalsel dengan total luas usulan ± 1.696,90 Ha dari 3 (tiga) Desa di Kecamatan Mekarsari.

Hal tersebut disampaikan pada saat rapat pelaksanaan Inventarisasi dan Verifikasi PPTKH di ruang rapat Rimbawan I Dinas Kehutanan Prov Kalsel Banjarbaru. Rapat dihadiri oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalsel, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Batola, Kantor Pertanahan Batola serta UPT KLHK (BPKH Wilayah V, BPSKL Regional Kalimantan).

Sekretaris Dinas Kehutanan Kalsel Rahmadin yang dikonfirmasi terkat pertemuan tersebut mengatakan, rapat menyepakati beberapa poin penting, diantaranya terkait pelaksanaan Inventarisasi dan Verifikasi PPTKH di Kabupaten Batola bertepatan dengan Bulan Ramadhan. Dimana regu pelaksana Inventarisasi dan Verifikasi PPTKH yang semula hanya 3 regu ditambah 3 regu sehingga menjadi 6 regu

“Selain itu Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Dinas LH Provinsi Kalsel, Dinas PUPR Kabupaten Batola, Kantor Pertanahan Batola dan BPSKL Regional Kalimantan agar segera menyampaikan tenaga teknis yang akan dimasukkan dalam regu pelaksana Inver PPTKH,” jelasnya.



Sesuai dengan instruksi Kadishut untuk meningkatkan perhutanan sosial di Provinsi Kalsel, pada kawasan hutan yang PPTKH nya telah selesai akan dilakukan pengelolaan hutan bersama masyarakat dengan sistem Perhutanan Sosial untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat serta mampu menjadi zona pelindung terahadap kawasan hutan dari kegiatan illegal masyarakat yang dapat merusak kawasan hutan. (cel/hms)

Reporter: Cel/Hms
Editor: Chell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->