Connect with us

Kabupaten Tanah Bumbu

Warnai Puncak Mappanre Ri Tasi E, Parade Kapal Hiasi Laut Pagatan

Diterbitkan

pada

Berbagai perahu hias mewarnai Pesta Laut di Tanbu. Foto : ftr

KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Puluhan kapal nelayan yang telah dihias dengan beragam warna dan aksesoris nampak berkumpul di area Dermaga Pantai Pagatan, Minggu (22/5/2022).

Kapal-kapal tersebut membawa Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah beserta rombongan pejabat dan tamu undangan yang berhadir untuk melaksanaan rangkaian prosesi adat pada puncak perayaan Event Budaya Mappanre Ri Tasi E Tahun 2022 ini.

Parade kapal hias itu mengundang perhatian dan antusias dari masyarakat yang berkumpul di pesisir pantai guna menyaksikan langsung kegiatan tersebut.

Rombongan yang telah masuk ke dalam kapal kemudian bergegas meluncur ke tengah Laut Pagatan guna memanjatkan doa sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan rezeki yang datang dari laut.



 

Baca juga  : Pelaku Curanmor di Jl Kurnia Dibekuk Macan Barbar di Jawa Timur

Bupati Tanah Bumbu berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan keberkahan dan melimpahkan rezeki bagi masyarakat Tanah Bumbu terkhusus para nelayan yang menjadikan laut sebagai tempat mata pencahariannya.

“Terima kasih kepada Lembaga Ade Ogi, para tokoh masyarakat, guru-guru dan para ulama yang berhadir, dengan kita memohon ampun kepada Allah semoga kita selalu dilimpahkan keberkahan,” ucap Zairullah saat berada di atas kapal.

Parade kapal ini kemudian menjadi salah satu dari akhir rangkaian peringatan Mappanre Ritasi E, dimana kegiatan kebudayaan dan keagamaan menjadi aspek yang sangat ditonjolkan pada event budaya maritim ini.

Bahkan guna menghilangkan tradisi syirik, prosesi adat di Laut Pagatan tersebut tidak lagi menyertai kegiatan-kegiatan semacamnya seperti menghanyutkan makanan ke laut dan lain sebagainya.

Selain itu pelaksanaan puncak perayaan Pesta Laut di Tanah Bumbu ditonjolkan dengan pakaian muslim berwarna putih, yang menjadi simbol kesucian Umat Islam di Bumi Bersujud guna Mewujudkan Tanah Bumbu Sebagai Serambi Madinah. (kanalkalimantan.com/ftr)

Reporter : ftr
Editor : cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->