Wabup Husairi Pimpin Apel Hari Lahir Pancasila di HSU - Kanal Kalimantan
Connect with us

Advertorial

Wabup Husairi Pimpin Apel Hari Lahir Pancasila di HSU

Diterbitkan

pada

Apel peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di halaman kantor Bupati HSU, Jum’at (1/6). Foto : dewahyudi

AMUNTAI, Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi Lc menjadi inspektur upacara apel peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati HSU, Jum’at (1/6)

Meski suasana puasa, antusiasme Aparatur Sipil Negara (ASN) kehadirian mengikuti apel tergolong tinggi, juga dihadiri oleh sejumlah pejabat Forkopimda, pelajar, mahasiswa serta organisasi kemasyarakatan, dan pemuda.

Wakil Bupati HSU Husairi Abdi yang membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo mengatakan, selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

“Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi,” lanjutnya

Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. “Marilah kita terus amalkan warisan mulia pada founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia,” pungkasnya. (dew)

Reporter: Dewahyudi
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan