Connect with us

Kabupaten Banjar

Wabup Banjar Resmikan Masjid Sayyid Machmud di Sekumpul Ujung, Martapura

Diterbitkan

pada

Peresmian Masjid Sayyid Machmud sekaligus peringatan Haul Syech Muhammad bin Abdul Karim As-Samman Al-Madani, di Jalan Sekumpul Ujung, Minggu (9/6/2024) pagi. Foto: DKISP Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA –  Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyi meresmikan Masjid Sayyid Machmud sekaligus peringatan Haul Syech Muhammad bin Abdul Karim As-Samman Al-Madani, di Jalan Sekumpul Ujung Kecamatan Martapura, Minggu (9/6/2024) pagi.

Atas nama pribadi dan pemerintah daerah wabup menyambut baik dan turut berbangga atas diresmikannya masjid sekaligus kegiatan haul itu kaarena mengandung nilai-nilai Islam yang dapat membangkitkan kekuatan rohaniah dan iman bagi semua.

Habib Idrus berharap kepada pengurus masjid dan warga sekitar agar sama-sama menjaga, merawat, memfungsikan dan memakmurkan masjid tersebut.

Baca juga: KMS Protes Kerusakan Lingkungan di Teluk Balikpapan

Tidak hanya untuk ritual ibadah seperti salat dan membaca Al Quran, tetapi juga bisa dijadikan tempat pengembangan dakwah atau majelis, pendidikan serta kegiatan sosial.

“Semoga masjid ini dapat memancarkan cahaya islam, menyebarkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan,  persaudaraan dan kerukunan umat serta membawa keberkahan,” harap dia.

Selain meresmikan masjid juga digelar peringatan haul Syech Muhammad bin Abdul Karim As-Samman Al-Madani, seseorang yang telah memberikan spirit keagamaan bagi umat islam.

Beliau dijadikan sebagai teladan orang-orang makrifat, pemimpin para syech dan dikaruniai maqam serta karomah.

Baca juga: Kiper Timnas Muhammad Ridho Resmi Gabung Barito Putera

“Salah satu karomahnya yang paling menarik dan terus diingat sampai sekarang adalah namanya yang terus disebut, didoakan dan dibaca dalam tawasul sampai sekarang oleh jutaan umat Islam di belahan dunia,” kata Habib Idrus.

Kegiatan haul diisi dengan pembacaan manaqib almarhum oleh Guru H Muhammad Rofi’i serta tahlil, zikir dan doa.

Baca juga: Buka Lahan Tidur di Sungai Ulin Dorong Ketahanan Pangan

Sementara tausiah disampaikan oleh Habib Husein As Segaf dari Lawang, Jawa Timur yang menyampaikan tentang keutamaan, pahala membangun masjid serta memakmurkan masjid.

“Masjid bukan hanya untuk salat lima waktu tapi juga untuk membaca Al Quran, iktiqaf dan ibadah lainnya,” ujar dia. (kanalkalimantan.com/dkispbanjar/kk)

Reporter: kk
Editor: Dhani


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->