Tunggu Juknis Pusat, BKD Banjar Belum Tetapkan Jadwal Penerimaan CPNS - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Banjar

Tunggu Juknis Pusat, BKD Banjar Belum Tetapkan Jadwal Penerimaan CPNS

Diterbitkan

pada

Kepala BKD Banjar Mada Teruna menunggu instruksi BKN. Foto : rendy

MARTAPURA, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan PSDM Banjar masih belum berani pastikan proses pelaksanaannya penerimaan CPNS diundur ataukah tetap dilaksanakan sesuai jadwal. Hal ini lantaran mereka harus menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Demikian disampaikan Kepala BKD dan PSDM Banjar, Mada Teruna di sela RPJMD di Mahligai Sultan Adam Martapura. Hingga hari ini, pihaknya mengaku masih menunggu juknis dari BKN. Walau demikian, BKD sudah siap kapan pun penerimaan CPNS itu digelar.

“Pada dasarnya kami sudah siap. BKD dan PSDM Kabupaten Banjar hanya bertugas menerima data dan melakukan verifikasi setelah pelamar mendapat kode peserta dari BKN. Selain itu kita juga perlu kehati-hatian dalam menyampaikan informasi-informasi seputar pelaksanaan penerimaan CPNS. Mengingat masih adanya penyempurnaan-penyempurnaan atau menyesuaikan kebutuhan formasi di Pemkab Banjar,” ujarnya.

Lokasi tes bagi pelamar CPNS Kabupaten Banjar akan dilaksanakan di BKN regional di Banjarbaru. Sedangkan formasi penerimaan CPNS di Kabupaten Banjar yakni sebanyak 281 formasi yang terdiri dari tenaga pendidikan sebanyak 150 orang, tenaga kesehatan 98 orang, tenaga teknis 15 orang dan K2 atau pelamar yang merupakan guru honor sebanyak 18 orang.

“Di tempat kita ada sebanyak 281 formasi, formasi tenaga pendidikan paling banyak dan mendominan yang itu sebanyak 150 orang,” jelasnya.

Sebelumnya, BKD sudah mengajukan sebanyak 1.300 formasi. Namun kenyataannya hanya disetujui sebanyak 281 formasi. Padahal di Kabupaten Banjar sendiri masih banyak kekurangan PNS yang dibutuhkan seperti guru. Mengingat di tahun ini saja, diperkirakan ada total sebanyak 200 PNS yang pensiun karena memang usianya sudah mencukupi.

“Padahal kita sudah ajukan sebanyak 1.300 formasi sebelumnya, namun hanya disetujui 281 saja, tentunya ini masih kurang dan jauh dari harapan kita,” ungkap Mada.

Ia berpesan bagi pelamar agar mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes dengan menjaga kondisi fisik dan belajar yang tekun. Mengingat tes kali ini menggunakan sistem CAT. “Kalau ada oknum yang mengatasnamakan BKD menawarkan bisa menjadi ASN dengan imbalan uang atau lainnnya maka akan berhubungan dengan hukum,” tegasnya.

Ditambahkannya juga, prediksi peserta pada tahun ini akan bertambah hingga dua kali lipat. Jika dilihat dari tahun sebelumnya, diikuti sebanyak 4.000 calon CPNS. Untuk tahun ini bisa diikuti sebanyak 8.000 peserta.

“Jika memang sudah ada putusan pengumuman jadwal nanti kita akan umumkan diweb resmi kita,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sekda Kabupaten Banjar, Nasrunsyah, mengatakan, Kabupaten Banjar termasuk dalam 92 Kabupaten/ Kota yang sudah tidak ada masalah dalam melaksanakan penerimaan CPNS. Adapun jadwal pelaksanaan penerimaan CPNS secara tentative, meski demikian jadwal awal yakni untuk pendaftaran pada 19 September 2018, tiga minggu setelahnya kemudian verifikasi dan pelaksaan tes CAT pada 20 Oktober 2018, kemudian pengumuman 30 November 2018.(rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan