Tolak relokasi Pasar Bauntung, Pedagang Gelar Unjuk Rasa - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

Tolak relokasi Pasar Bauntung, Pedagang Gelar Unjuk Rasa

Diterbitkan

pada

Pedagang pasar bauntung menggelar aksi demonstrasi Foto : net/youtube

BANJARBARU, Upaya Pemko Banjarbaru merelokasi Pasar Bauntung terus mendapat perlawanan dari pedagang. Minggu (4/11), mereka kembali menggelar unjuk rasa menolak rencana pemindahan di lokasi baru kawasan di Stadion Mini Haji Idak di Jalan R.O Ulin, Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan.

Salah satu alasan pedagang menolak rencana relokasi, karena lokasi pasar yang akan dibangun jauh dari jalan raya. Kondisi ini dirasa kurang menguntungkan bagi para pedagang. Hingga saat ini tercatat sudah ada sekitar 500 pedagang yang menolak rencana pemindahan tersebut.

“Kami siap kalau ditata atau dibenahi tapi jangan dipindah ke lokasi yang jauh dari akses sebab ini tidak menguntungkan bagi pedagang,” kata Masri, salah seorang pedagang yang ikut berdemo.

Sebenarnya, penolakan pedagang juga sudah disampaikan kepada Ketua Ketua DPRD Banjarbaru, AR Iwansyah. Tapi sayangnya belum ada tindaklanjut dari aspirasi yang disampaikan para pedagang ini.

Sementara menyikapi keengganan pedagang, Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani mengatakan Pemko tetap akan tegas melakukan pemindahan untuk menghindari kesemrawutan. Mengingat pasar yang ada saat ini dirasa sudah tidak cukup untuk menampung jumlah pedagang.  “Apa yang kita lakukan merupakan langkah memperbaiki kondisi pasar dan nasib para pedagang,” ungkapnya.

Pun disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru, Abdul Basid. Ia mengatakan, rencana relokasi Pasar Bauntung karena saat ini kondisinya sudah sangat krodit. “Lokasi yang digunakan PKL adalah jalan umum. Belum lagi masalah perekonomian, sosial, tata ruang, ketertiban, serta problem parkir yang muncul gara-gara itu,” katanya.

Kebijakan relokasi Pasar Bauntung ini sebenarnya berasal dari Rencana Program Jangka Menengah Pembagunan Daerah (RPJMPD) Kota Banjarbaru Tahun 2016-2021. Relokasi juga tercantum dalam visi-misi duet Nadjmi Adhani-Darmawan Jaya ketika terpilih menjadi pimpinan Kota Idaman ini.(rico)

Reporter : Rico
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan