Connect with us

Kota Palangkaraya

Tingkatkan Literasi Masyarakat, Sigit: Perpustakaan Digital Harus Dimaksimalkan

Diterbitkan

pada

Ketua DPRD Kota Palangkaraya Sigit K Yunianto. Foto: tri

KANALKALIMATAN.COM, PALANGKARAYA – Ketua DPRD Kota Palangkaraya, Sigit K Yunianto meminta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Palangkaraya gencar sosialisasi operasional perpustakaan digital guna memperkuat minat baca masyarakat.

“Kami sangat mendukung program ini, karena sudah beroperasi, maka tinggal meningkatkan sosialisasi agar semakin dikenal dan dimanfaatkan secara luas,” ujar Sigit.

Sosialisasi dapat dilakukan seperti dengan turun langsung ke sekolah-sekolah, universitas, komunitas, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, serta melalui jaringan media sosial. Keberadaan perpustakaan digital tersebut juga dinilai sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi.

Selain itu juga sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya pembatasan aktivitas masyarakat. Mulai dioperasionalkan perpustakaan digital oleh Dispersip Palangkaraya dapat meningkatkan budaya literasi, terutama di kalangan anak sekolah dan mahasiswa.



 

 

Untuk itu kehadiran perpustakaan digital juga menjadi solusi peningkatan literasi di tengah pandemi. Melalui perpustakaan digital masyarakat tetap dapat membaca dan memperkaya pengetahuan tanpa menimbulkan kerumunan saat kondisi pandemi ini.

Kesiapan sumberdaya manusia pengelola perpustakaan digital juga terus ditingkatkan sehingga mampu terus berinovasi dan kreasi meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat melalui digitalisasi berbagai sumber bacaan. Bila perlu pengelola perpustakaan digital diberi pelatihan khusus agar pengelolaan program tersebut semakin maksimal.

Ia mendorong Dispersip Palangkaraya jemput bola dan bersinergi dengan pemerintah pusat, salah satunya Perpustakaan Nasional, sebagai upaya meningkatkan budaya baca dan literasi di kalangan generasi muda. Perpustakaan digital salah satu program peningkatan layanan dan upaya peningkatan budaya baca dan literasi masyarakat.

Melalui perpustakaan digital, masyarakat yang memiliki rutinitas kegiatan tinggi tetap mudah mencari referensi berupa bahan bacaan yang sudah didigitalisasi. Perpustakaan digital juga sebagai upaya mewujudkan Kota Palangkaraya sebagai kota smart environment, smart society dan smart economy melalui peningkatan budaya baca dan literasi.

Perpustakaan digital itu dapat diakses masyarakat dari berbagai daerah dengan mengunduh aplikasi di Google Play Store dengan nama aplikasi Pusda Kota Palangkaraya. (kanalkalimantan.com/tri)

Reporter : tri
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->