Connect with us

Kabupaten Kapuas

Tekan Covid-19, Pemdes Lamunti Permai Maksimalkan Peran Relawan PPKM

Diterbitkan

pada

Relawan Covid-19 Desa Lamunti Permai menjadi salah satu pihak yang terlibat menekan penyebaran pandemi. Foto: ags

KANALKALIMANTAN. COM, KUALA KAPUAS – Pemerintah Desa Lamunti Permai, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, memaksimalkan peran relawan dan kader kesehatan desa mencegah persebaran Covid-19.

Dalam melaksanakan tugas, relawan PPKM bersama kader kesehatan dibantu perangkat desa. Selain itu, juga selalu berkoordinasi dengan Kades, terutama saat melaksanakan kegiatan pos PPKM level 4.

Kades Lamunti Permai, Supratman SH, mengatakan selama pandemi Covid-19, keberadaan relawan Covid-19 dan kader kesehatan di desa sudah berjalan. Mereka bertugas melakukan penyuluhan dan sosialisasi terkait kesehatan dan penyakit.

“Saat pandemi ini kami maksimalkan peran mereka dan menambah jumlah relawan Tim satgas covid-19 desa Lamunti permai. Karena mereka juga sudah pengalaman dalam menangani kesehatan dan penyakit,” kata Supratman, Minggu (15/08/2021).



 

 

Baca juga: Berbagi Kisah dari Reuni Para Pejuang ‘Lulusan Covid’ di Kotabaru

Awasi Kegiatan Masyarakat

Menurut Kades, dengan penerapan PPKM Level 4 ini, kader kesehatan dan Satgas Covid-19 desa mempunyai peran mengawasi masyarakat yang keluar masuk kampung. Jika ada laporan dari Ketua RT, mereka akan melakukan sosialisasi terkait PPKM level 4 yang berakhir pada 17 Agustus 2021.

Selain itu, kata Supratman, Pemdes juga mengawasi kegiatan di desa yang mengumpulkan massa, seperti kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Belum lama ini, setelah ada surat edaran Bupati Kapuas, tentang penerapan PPKM level 4, kami berembug untuk melalukan pengawasan ketika ada warga yang keluar masuk dan berniat menggelar hajatan. Intinya di setiap kegiatan ada pengawasan agar protokol kesehatan benar-benar diterapkan,” ungkap Kades Lamunti Permai.

Pamflet tersebut berisi tentang perintah untuk memakai masker, sering mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. Selain itu, mengimbau untuk menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer di rumah dan protokol kesehatan lainnya.

“Pemberdayaan relawan Satgas Covid-19 DESA LAMUNTI PERmai dalam upaya pencegahan dilakukan agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Supratman. (kanalkalimantan.com/ags)

Reporter : ags
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->