Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

Target 24 Ribu Anak di HSU, Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Dimulai

Diterbitkan

pada

Kick off vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten HSU, Rabu (12/1/2022). Foto: dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Utara (HSU) resmi menggelar kick off vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Kabupaten HSU dengan target 24.264 anak menerima dosis pertama.

Kick off vaksinasi anak dilaksanakan di SDN Kepala SDN Murung Sari 1 dihadiri Plt Bupati HSU H Husairi Abdi, Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan dan perwakilan Dandim/1001 HSU-Blg, Rabu (12/1/2022).

Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU, Masbudianto mengatakan, syarat agar bisa melakukan vaksinasi pada usia anak 6-11 tahun adalah daerah telah mencapai cakupan 70 persen dan lansia 60 persen.

“Kalau sudah memenuhi syarat itu, akan dilanjutkan kegiatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun,” terang Masbudianto kepada Kanalkalimantan.com.



 

 

Baca juga: Delapan Desa di Pengaron Tenggelam, Air Sentuh Atap Rumah, Warga Dievakuasi

Dirinya menjelaskan, jenis vaksinasi Covid-19 bagi usia anak 6-11 tahun sesuai izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah vaksin Sinovac. Sinovac merupakan vaksin Covid-19 pertama yang mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM pada November 2021 lalu.

Adapun persiapan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dilaksanakan di sekolah-sekolah atau Fasilitas Kesehatan (Faskes) di HSU.

“Kalau nanti sudah terkoordinasi, jadwalnya kapan dan ketersediaan vaksin ada untuk anak-anak ini, akan dijadwalkan untuk pelaksanaan vaksinasi,” kata Masbudianto.

Pihaknya akan terus memberikan sosialisasi kepada orangtua bahwa pentingnya vaksinasi kepada anak-anak guna melindungi dari penyebaran virus corona.

Baca juga: Tabrak Buritan Truk Fuso, Dua Pengendara Honda Beat Meninggal Dunia

“Anak-anak rawan tertular Covid-19, sehingga perlu kita prioritaskan untuk diberikan vaksinasi. Apabila tertular, dia tidak akan mengalami hal yang berat sakitnya.” imbuhnya

Sementara itu, Fathurahman, Kepala Sekolah SDN Murung Sari 1 -lokasi perdana vaksinasi usia anak 6-11 tahun-, mengatakan ada sebanyak 125 siswa yang mengikuti vaksinasi Covid-19 hari ini.

Sedangkan bagi siswa yang masih belum sempat vaksinasi akan dijadwalkan pada hari selanjutnya.

“Semoga dengan adanya vaksinasi bagi usia anak ini, bisa melakukan pembelajaran tatap muka 100 persen, seperti normal kembali,” tutupnya. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->