Connect with us

Kalimantan Selatan

Taman Budaya Kalsel Gelar Karasmin Ragam Pesona Budaya Banjar 2022

Diterbitkan

pada

UPTD Taman Budaya Kalsel menggelar kegiatan Ragam Pesona Budaya Banjar 2022 dalam Karasmin Banua Seribu Sungai dengan tema "Bias Borneo" selama tiga hari, 16-19 Agustus 2022. Foto: Rizki

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dan HUT ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan UPTD Taman Budaya Kalsel menggelar kegiatan Ragam Pesona Budaya Banjar 2022 dalam Karasmin Banua Seribu Sungai dengan tema “Bias Borneo” selama tiga hari, 16-19 Agustus 2022.

Karasmin dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel melalui Kabid Kebudayaan Helda, Selasa (16/8/2022). Helada mengatakan bahwa pihaknya menyambut gembira adanya kegiatan yang menjadi wadah eksplorasi kreatifitas dan juga untuk melestarikan budaya daerah.

“Kegiatan yang dilaksanakan UPTD Taman Budaya dapat ini menjadi wadah untuk untuk berkreasi dengan menampilkan hasil kreatif dan inovatif seniman dan masyarakat umum dalam mengekspresikan diri dan seni,” katanya.

Karasmina ini diharapkan terciptaanya proses ragam kreatif, kreasi, dan ekspresi pelaku seni dan masyarakat, agar kehidupan seni di daerah berjalan dinamis, sehingga eksistensi budaya daerah tetap hidup dalam masyarakat.

 

Baca juga  : Langkah Besar Komunitas Akar Bukit Bangun Kepedulian Melalui Gotong Royong Pendidikan Meratus

Kepala UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan Suharyanti mengatakan, karasmin ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh UPTD Taman Budaya dalam memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalsel dan HUT Kemerdekaan RI.

“Bentuk kegiatan selain ada pergelaran tari, musik, teater, maupun musik tradisional, ada beberapa lomba lain yaitu tari pedalaman, lomba bakisah bahasa Banjar, lomba tema dan logo hari jadi provinsi dan festival gamelan Banjar,” bebernya.

Kegiatan ini diikuti peserta dari 13 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan setelah dilaksanakan bulan Juli lalu.

Pameran seni rupa atau seni lukis juga dilaksanakan pada karasmin ini, bekerja sama dengan ikatan pelukis Kalimantan Selatan, serta mengundang dan menampilkan karya-karya lukis dari luar daerah.

 

Baca juga : Sambut HUT Ke-77 Kemerdekaan RI , Pemkab HSU Bagikan 1.500 Bendera Merah Putih  

“Kegiatan ini bekerja sama dengan ikatan pelukis perupa Kalimantan Selatan dengan mengundang dari luar Kalsel sebanyak 60 karya seni lukis, dan 40 karya lukis dari daerah, jadi total ada 100 lukisan,” kata Kepala UPTD Taman Budaya Kalsel.

Kegiatan yang berlangsung tiga hari juga dimeriahkan oleh artis-artis lokal seperti Tommy Kaganangan, Ratna Lida, Riza Fahlevi KDI, Rina Aulia LIDA, dan artis lainnya. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->