Connect with us

HEADLINE

Tagar “Mahasiswa Bergerak” Menggema, Ini 4 Tuntutan Utama Aksi Demo Serentak 11 April

Diterbitkan

pada

Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor melakukan aksi unjuk di Jalan Sudirman, Kota Bogor, Sabtu 9 April 2022. Foto: Bogordaily

KANALKALIMANTAN.COM – Hari ini, Minggu (10 April 2022) tengah ramai tagar ‘Saya Bersama Jokowi’ yang mencapai kisaran 95 ribu cuitan hingga menempati trending satu di Twitter. Disusul tagar ‘Mahasiswa Bergerak’ yang mencapai 68 ribu tweet juga menjadi trending 2 di jagat Twitter. Ada apa sebenarnya?

Kedua trending tersebut, merujuk pada rencana demo serentak para mahasiswa untuk turun ke jalanan, yang dijadwalkan pada Hari Senin, 11 April 2022 besok. Tidak hanya Mahasiswa, para buruh pun dikabarkan akan ikut bersama-sama mendukung aksi ini. Sebenarnya apa yang dituntut dari demo kali ini?

4 Tuntutan Utama Aksi Demo tersebut!

Baca juga: Diduga Akibat Lemparan Petasan, Api Hanguskan Bangunan Sekolah Islam Al Mazaya Banjarmasin



 

 

1. Tolak Wacana Penundaan Pemilu

Salah satu alasan viralnya tagar #SayaBersamaJokowi juga merupakan aksi dukungan pada Presiden Jokowi yang menyatakan tidak berminat lagi menambah 1 periode. Selain itu, kekuasaan penundaan Pemilu juga ada pada lembaga legistlatif. Sehingga tagar #SayaBersamaJokowi juga bertujuan untuk memastikan bahwa Pemilu akan tetap dilaksanakan pada 2024.

 

2. Tolak Presiden 3 Periode

Alasan ini berkaitan erat dengan pernyataan Luhut Binsar Panjaitan, selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia yang mendukung Presiden Jokowi untuk melanjutkan pemerintahannya hingga 3 periode. Aksi ini membuat geram rakyat, karena di kondisi negara yang tengah diliputi masalah kenaikan harga yang tak kunjung mereda, menteri justru terlihat sibuk mengurusi wacana 3 periode.

 

3. Tangkap Mafia Minyak Goreng

Masalah kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng yang mencapai lebih dari 4 kali lipat harga sebelumnya, hingga kini belum juga terselesaikan. Dari beberapa sumber, pemerintah dinilai tidak serius mengurusi mafia minyak goreng hingga kasus ini masih terjadi hingga detik ini. Bahkan sempat viral juga Ketua Dewan Pengarah BRIN dan Ketua BPIP, Megawati Soekarno Putri menyarankan masyarakat mulai merebus masakan daripada ramai protes harha minyak goreng yang mahal.

Baca juga: Pengurus Pengprov PBSI Kalteng Dilantik, Begini Pesan Ketum PBSI

 

4. Turunkan Harga BBM dan Sembako

Kenaikan harga minyak goreng yang belum juga terselesaikan, kini berbuntut panjang dan memengaruhi harga di sektor lain. Baru-baru ini, harga BBM naik cukup signifikan yakni Pertamax yang semula Rp. 9000 menjadi Rp.12.500 sejak 1 April 2022. Kenaikan harga BBM, selalu diikuti oleh harga sembako yang melonjak. Tidak hanya minyak goreng, kini harga sembako pun terus naik dan diperkirakan akan terus terjadi lonjakan harga hingga pasca lebaran 2022.

Itu dia 4 Tuntutan Utama Wacana Aksi #MahasiswaBergerak pada 11 April 2022. Unjuk rasa mahasiswa itu bermaksud menyuarakan suara kegelisahan rakyat. Bagaimana pendapatmu?. (Kanalkalimantan.com/Suara.com)

Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

<<

Paling Banyak Dibaca

-->