Suplai Air Kurang, PDAM Intan Banjar Imbau Sediakan Tempat Penampungan Air - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

Suplai Air Kurang, PDAM Intan Banjar Imbau Sediakan Tempat Penampungan Air

Diterbitkan

pada

Kondisi suplai air PDAM terpengaruh adanya kemarau panjang. Foto : rico

BANJARBARU, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intan Banjar selalu memastikan suplai air untuk para pelanggannya tetap terjaga di musim kemarau. Meski hal ini tetap berdampak pada pengoperasian suplai air masih kurang optimal di sejumlah cabang baik itu di kota Banjarbaru maupun Kota Martapura.

Ditemui Kanalkalimantan, Humas PDAM Intan Banjar Untung mengungkapkan adanya pengaruh selama musim kemarau ini terdapat di cabang 1 dan cabang 2. Hal ini dikarenakan pasang surut di tempat penyuplai air. Adapun wilayah yang meliputi cabang 1 yaitu Landasan Ulin, Liang Anggang, Gambut dan sebagian wilayah Trikora. Sedangkan untuk cabang 2 meliputi wilayah Kertak Hanyar, Sungai Tabuk, Tatah Makmur dan Aluh-Aluh.

“Cabang 1 dan 2 ini memang ada pengaruhnya karena pasang surut di Sungai Tabuk. Bahkan kemarin saja pukul 20.30 sampai 23.30 wita air surut, itu membuat PDAM tidak optimal intakenya disana dan membuat penyuplaian air ke pelanggan dikurangi,” ucapnya.

Dari sistem produksi air sendiri, tercatat selama musim kemarau ini PDAM Intan Banjar mengalami penurunan yang mana normalnya bisa mencapai 315 liter per detik namun saat ini hanya mencapai separohnya. Hal itu membuat penyuplaian air ke pelanggan menjadi terbatas.

Bukan tanpa antisipasi PDAM Intan Banjar dalam menghadapi musim kemarau setiap tahunnya. Pasang surutnya Sungai Tabuk memang telah menjadi catatan bagi pihak PDAM untuk melakukan perbaikan sistem di penyimpanan air baku tersebut namun hal itu terkendala biaya investasi yang cukup besar. Rencananya PDAM Intan Banjar akan memperdalam lagi saluran di Sungai Tabuk yang nantinya akan dicanangkan pada tahun 2019.

Untung juga menghimbau untuk masyarakat yang tinggal di wilayah cabang 1 dan 2, agar menyediakan tempat penampungan air selama musim kemarau ini. “Kami menghimbau selama musim kemarau ini agara para masyarakat atau pelanggan yang berada di wilayah cabang 1 dan 2 untuk menyediakan tempat penampungan air,” imbaunya. (Rico)

Reporter : Rico
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan