Connect with us

HEADLINE

Soroti BBM Naik hingga Perubahan Iklim, Aliansi Petani Kalsel Aksi di Bundaran Banjarbaru

Diterbitkan

pada

Aliansi Petani Kalsel gelar aksi damai di bundaran simpang 4 banjarbaru, soroti kenaikan bbm dan perubahan iklim. Foto: Ibnu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) memberikan dampak kepada seluruh masyarakat, tak terkecuali para petani yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Selain menyoroti kenaikan BBM, aliansi yang tergabung dalam beberapa elemen baik dari petani, Walhi dan mahasiswa berkumpul di bundaran simpang 4 Banjarbaru melakukan aksi damai.

Ketua DPW Serikat Petani Indonesia (SPI) Kalsel, Dwi Putra Kurniawan mengatakan kenaikan harga BBM membuat kaum tani makin sulit menggunakan alat-alat pertanian yang sehari-hari tentu menggunakan bahan bakar.

“Contohnya combine, hand traktor, belum lagi alat bajak. Itu kan semuanya memakai bahan bakar yang enggak sedikit,” katanya.



 

Baca juga  : Penjaga Malam Meninggal di Cempaka, Polisi Sebut Tak Ada Tanda Bekas Kekerasan

Untuk menyikapi hal tersebut, para petani menggelar aksi damai di bundaran simpang empat Banjarbaru, Sabtu (24/9/2022) sore.

Dalam aksi itu, SPI Kalsel meminta pemerintah membatalkan kenaikan harga BBM.

“Atau kalau pemerintah mau adil, kalau mau membantu petani, gratiskan BBM. Ketimbang memberi BLT,” kata petani kopi itu.

 

Baca juga : Imbas Tampil di NYFW, Produk Banjarbaru Ludes Diborong Pengunjung di Jakarta!

Selain masalah BBM, aksi ini juga digelar untuk menyoroti dampak perubahan iklim terhadap pertanian di Kalsel.

Selain menyoroti kebijakan pemerintah yang dinilai memberatkan petani, mereka juga membagikan bibit pohon kepada pengguna jalan di sekitar bundaran simpang empat Banjarbaru.(Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->