Connect with us

HEADLINE

Sekarang Masih Gratis, Siap-siap Naik BTS Trans Banjarbakula Berbayar

Diterbitkan

pada

Layanan bus BTS Trans Banjarbakula bakal dikenakan tarif di akhir tahun 2022 ini. Foto: ibnu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Layanan angkutan massal bus Buy The Service (BTS) Trans Banjarbakula diwacanakan bakal berbayar di akhir 2022 ini.

BTS Trans Banjarbakula diketahui sudah beroperasi di Kalimantan Selatan, sejak awal tahun 2022 tanpa bayar alias gratis

Meski sudah lebih dari setengah tahun beroperasi, Kementerian Perhubungan RI masih menggratiskan layanan BTS Trans Banjarbakula.

Kendati demikian, Kementerian Perhubungan RI berencana untuk menerapkan tarif untuk bus BTS Trans Banjarbakula pada masa mendatang.



 

 

Baca juga: Belum Ada Kesepakatan, Organda Banjarbaru Larang BRT Beroperasi di Koridor 2

Manager BTS Trans Banjarbakula, Zochrofi Miladdini mengatakan, informasi terupdate dari Kemenhub RI tahun 2022 akhir BTS Banjarbakula akan dikenakan tarif.

“Kami sebagai operator menunggu keputusan dari Kemenhub, tapi menurut informasi terupdate tahun ini akan berbayar, insyaallah bulan November,” kata perempuan yang akrab disapa Ovi saat ditemui di kantor operasional BTS Banjarbakula di Terminal Gambut Barakat Km 17, Sabtu (17/9/2022).

Manager BTS Trans Banjarbakula, Zochrofi Miladdini. foto: ibnu

Namun, kata Ovi keputusan dan surat resmi dari Kemenhub RI belum diterima oleh pihaknya.

Dijelaskannya, pengenaan tarif ini akan dilakukan di 3 kota yang terlebih dulu menerima layanan BTS di seluruh Indonesia.

“Awal nanti akan ada kota percontohan, di 10 kota, akan dicoba di 3 kota terdahulu, Banjarmasin ini termasuk kota baru,” jelasnya.

Dibeberkannya tarif yang akan dikenakan tidak lebih dari Rp 6 ribu menggunakan tapping kartu atau sejenis e-money. Dari 10 kota besar, menurut Ovi BTS sudah menjadi kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Modus Barang Titipan, Penyelundupan Narkoba Digagalkan Sipir Lapas Kotabaru

“Yang pasti tidak akan lebih dari Rp 6 ribu, kita cashlash jadi tidak ada uang tunai,” bebernya.

Bahkah, Ovi menegaskan, driver BTS Trans Banjarbakula tidak diperkenankan menerima uang tunai dari penumpang.

“Kita sudah mewanti-wanti bahwa driver tidak boleh menerima uang tunai, apapun karena itu akan menjadi sanksi,” tegasnya.

Untuk keamanan Ovi akan mewajibkan setiap setiap pengguna layanan BTS Trans Banjarbakula wajib menunjukkan kartu tapping atau punya aplikasi Teman Bus.

Sementara kartu tapping atau e-money sementara baru bisa dari BCA dan BRI, tetapi kedepan kata Ovi, pihaknya akan membuat semua bank bisa diaplikasikan.

Diungkapkan Ovi, pihaknya bersama perwakilan Kemenhub RI sudah melakukan survey random di beberapa koridor.

Baca juga: Hari Ozon Sedunia 2022 “Global Cooperation Protecting Life on Earth”

“Kemarin sudah melakukan survey random bersama staf Kemenhub, bahwa meskipun sudah dikenakan tarif mereka tidak keberatan, karena mereka sudah aman dan nyaman menggunakan layanan BTS ini,” ungkapnya.

Dalam pengoperasian BTS Banjarbakula tersebut sudah termonitor dalam aplikasi Teman Bus sehingga mempermudah masyarakat dalam memonitor trayek bus BTS Trans Banjarbakula. (Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->