Connect with us

Kabupaten Banjar

Ribuan Jemaah Padati Haul ke-44 KH Salim Ma’ruf di Pekauman Dalam

Diterbitkan

pada

Pelaksanaan haul KH Salim Ma’ruf ke-44 di kubah Jalan Kertak Baru, Kabupaten Banjar. Foto: humas

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Ribuan jemaah hadiri haul ke-44 KH Salim Ma’ruf, di kubah Jalan Kertak Baru, Desa Pekauman Dalam, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Selasa (27/9/2022) malam.

Peringatan haul diawali dengan pembacaan surah yasin kemudian salawat dalail dan zikir nasid.

Dalam manaqibnya yang dibacakan oleh salah satu cucu almarhum, Guru Itqon mengatakan, KH Salim Ma’ruf lahir di Kampung Keramat tahun 1913. Dikenal sebagai seorang petani, muazzin di masjid dan seorang yang sangat mencintai ulama.

Pendidikan agama diperoleh dari orangtua dan beberapa tuan guru, diantaranya Syekh Kaspul Anwar, KH Abdurrahman, KH Zainal Ilmi dan KH Abdul Hamid. Sejak kecil almarhum sudah diketahui alimnya oleh sang guru.



 

 

Baca juga: Antisipasi Longsor, PLN Bikin Trap Tebing dan Tanam Rumput Vetiver di PLTA PM Noor

Banyak ilmu yang dikuasai beliau, diantaranya Tafsir Alquran dan mantiq. Mengajar agama dengan dakwah di langgar dan pondok pesantren Darussalam. Kesehariannya penuh dengan ilmu, amal dan kemaslahatan umat islam.

Pada tahun 1942, beliau  berniaga ke Pontianak dan menetap di sana. Lalu pada 1945 kembali ke Martapura untuk mengajar kembali di Ponpes Darussalam. Dan pada 1969 di amanahi sebagi kepala Ponpes Darussalam.

Dari catatan, pada 1973 fisik beliau mulai menurun. Dan akhirnya beliau wafat pada subuh Kamis 1 Februari 1978. Almarhum meninggalkan 7 anak, salah satunya almarhum Tuan Guru Khalilurrahman yang satu kubah dengan sang ayah.

Peringatan haul diisi dengan tausyiah yang disampaikan Ustadz Ilham Khumaidi. Kepada jemaah disampaikan bagaimana menggunakan usia, harta dan ilmu yang dimiliki, selama mengarungi kehidupan didunia.

Cucu almarhum lainnya Iqbal Khalilurrahman sampaikan terima kasih kepada jemaah yang hadir pada peringatan haul dengan jumlah yang begitu banyak.

Baca juga: 140 Anak di Banjarmasin Mengidap Kanker, Begini Anjuran Dinkes

”Inilah Martapura, setiap kegiatan haul pasti banyak jemaahnya, haul siapapun itu, apalagi pandemi Covid yang sudah melandai saat ini,” ucapnya.

Iqbal juga mendoakan agar jemaah mendapatkan keberkahan, dan bisa mentauladani sifat dan perilaku almarhum.

Kepada ratusan relawan dari berbagai kesatuan Iqbal juga sampaikan terima kasihnya atas dukungan yang diberikan. (Kanalkalimantan.com/kk)

Reporter: kk
Editor: cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->