Connect with us

Kalimantan Selatan

Resmi Dimulai, Dua Pekan Operasi Patuh Intan 2021 Berlangsung

Diterbitkan

pada

Operasi Patuh Intan 2021 dimulai di jajaran Polda Kalsel, Senin (20/9/2021). Foto: humaspoldakalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Apel gelar pasukan Operasi Patuh Intan 2021 digelar di lapangan utama Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (20/9/2021).

Apel tersebut menandai dimulainya Operasi Patuh Intan 2021 yang berlangsung selama 14 hari, dimulai 20 September sampai dengan 3 Oktober 2021 mendatang.

Personel gabungan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan dikerahkan dalam operasi yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat berlalu lintas di masa pandemi Covid-19.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs Rikwanto SH MHum. dalam sambutan yang dibacakan Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo SIK menegaskan bahwa Operasi Patuh Intan kali ini berorientasi terhadap kegiatan menekan meningkatnya penyebaran Covid-19.



Baca juga : Lepas Atlet Banjarbaru ke PON XX Papua, Ini Pesan Wali Kota Aditya

Dalam Operasi Patuh Intan 2021 ini, para personel pun dihimbau agar dalam bertindak di lapangan 100 persen dilaksanakan secara preemtif, preventif, dan persuasif humanis, dengan mengedepankan program penanggulangan Covid-19 yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Agar mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, Operasi Patuh Intan kali ini dilaksanakan tanpa tindakan represif, tapi mengutamakan tindakan preemtif berupa kegiatan edukasi protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas kepada masyarakat. Seperti kegiatan bakti sosial, pembagian masker, pemasangan stiker serta memberikan pendidikan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dan cara aman berlalu lintas yang benar, tindakan yang humanis 5S (Senyum Sapa Salam Sopan Santun).

Kapolda Kalsel berharap terwujudnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, turunnya angka kecelakaan lalu lintas dan mampu menekan jumlah fatalitas korban, kecelakaan lalu lintas, berkurangnya titik kemacetan, terciptanya kerjasama yang baik antar instansi pemangku kepentingan lalu lintas, terwujudnya situasi dan kondisi kamseltibcar lantas yang mantap. Meningkatakan kesadaran dan edukasi dalam berlalu lintas dan protokol kesehatan, serta Menurunkan kasus Covid-19 yang ada di Kalimantan Selatan.

“Operasi Patuh Intan 2021 mengedepankan kegiatan edukasi persuasif, simpatik dan humanis, melakukan inovasi tentang prokes dan mobilitas, serta pengawasan dan pengendalian yang ketat agar tidak terjadi penyalahgunaan kewenangan oleh anggota di lapangan,” tandasnya. (kanalkalimantan.com/chandra)

Reporter : chandra
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

<

Paling Banyak Dibaca

-->