Rayakan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca di Perpus Pal 6 - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pendidikan

Rayakan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca di Perpus Pal 6

Diterbitkan

pada

Perpusda Pal 6 semakin hidup dengan banyaknya jumlah kunjungan Foto: rico

BANJARMASIN, Tanggal 14 September ditetapkan sebagai perigatan Hari Kunjung Perpustakaan dan  bulan September merupakan Bulan Gemar Membaca dalam kalender nasional. Dua moment penting ini dicanangkan sejak masa kepemimipin presiden RI, Soeharto 23 tahun lalu tepatnya pada tahun 1995. Kedua moment ini juga dianggap penting untuk mendongkrak minat baca buku masyarakat Indonesia.

Namun tentu saja melihat perkembangannya teknologi, membuat eksistensi Perpustakaan terus menurun setiap tahunnya. Tidak hanya kalangan dewasa bahkan anak kecil pun juga sudah dapat mengakses apapun lewat teknologi padahal budaya membaca buku sepatutnya ditanamkan sejak dini.

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk melanjutkan budaya membaca buku tersebut salah satunya yang dilakukan dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan dengan merancang Perpustakaan Pal 6 menjadi wisata berbasis literasi.

Dibuat dengan nuansa Outdoor, Perpustakaan Pal 6 membuat pengunjung tidak cuman diperuntukan bagi anak muda saja tapi juga untuk tempat baca dan santai buat keluarga.

Kadispersip Kalsel Dra Hj Nuliani Dardie mengatakan sampai saat ini Perpustakaan Pal 6 selalu menjadi sasaran pembaca setiap harinya. Menurutnya moment Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca menjadi pengingat bagi masyarakat pentingnya membaca buku dan perpustakaan itu sendiri.

“Tidak hanya di moment sepesial ini memang para pengunjung selalu ramai berdatangan Perpustakaan Pal 6. Moment ini saya rasa dapat mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa perpustakaan dan buku selalu diminati dan menjadi hal yang penting meski teknologi terus berkembang.” Ungkap Bunda Nunung kepada Kanalkalimantan.com.

Bunda Nunung juga menambahkan Peran penting perpustakaan diperlukan yang Perpustakaan menjadi jembatan mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan UU Nomor 43 Tahun 2007 yang menyebut mengenai fungsi dan peran perpustakaan.

Dispersip Provinsi Kalsel terus melakukan inovasi tiada henti dan akan terus menyesuaikan perkembangan zaman dengan dunia literasi, agar minat baca bisa bertambah banyak lagi. Nantinya ada beberapa bangunan yang berada di taman bagian belakang Perpustakaan Pal 6 tersebut, temboknya akan diisi dengan mural-mural yang nantinya juga bisa digunakan untuk berswa-foto.

“Masyarakat tua atau muda silakan datang ke perpustakaan pal 6 dan mudah-mudahan masyarakat bisa memanfaatkannya untuk belajar sepanjang hayat. Jangan sampai generasi yang sekarang tidak dibekali dengan budaya yang kita jaga ini sejak lama” pungkasnya. (rico)

Reporter: Rico
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan