Connect with us

Kota Banjarbaru

PUPR Banjarbaru Siapkan 6 Paket Peningkatan Sungai Senilai Rp9,5 Miliar!

Diterbitkan

pada

Sungai Kemuning termasuk salah satu yang akan digarap Bidang SDA, PUPR Banjarbaru. Foto: ibnu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Guna mengatasi bencana banjir, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarbaru melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) akan merevitalisasi beberapa sungai yang ada di Kota Banjarbaru.

Bidang SDA sudah menyiapkan 6 paket pekerjaan dengan alokasi fisik sebesar Rp9,5 miliar dari total dana Rp25 miliar yang akan dilakukan pada tahun 2022 ini. Anggaran tersebut mencakup dari fisik, administrasi, serta perencanaan pembangunan.

Kepala Bidang SDA Subrianto mengatakan, saat ini masih melakukan tahap penyelesaian survei bahan untuk penyusuan harga prakiraan sendiri (HPS) pembuatan dokumen.

Untuk tahun ini, Bidang SDA akan menggarap peningkatan Sungai Kemuning segmen dua, belakang pom bensin Km 33 dengan penyiringan sepanjang 700 meter.
Selain itu akan dilakukan peningkatan di Sungai Karet, mulai jembatan Karet sampai sampai hilirnya.

 

Baca juga : Plt Bupati HSU Sambut Positif Program Pojok Mantri dari BRI, Bantu Pelaku UMKM

“Kita akan melakukan penyiringan di Sungai Karet sepanjang 700 meter,” tambahnya
Kemudian peningkatan Sungai Guntung Luwa yang akan di lakukan penyiringan sepanjang 200 meter pertemuan dengan Sungai Kemuning lanjutan yang sudah dilakukan penyiringan sepanjang 50 meter.

Peningkatan Sungai Kuranji, yang mana tahun 2019 sudah melakukan normalisasi dan pelebaran, 2022 akan dilakukan penyiringan.

Selanjutnya peningkatan Sungai Pulantan, bagian hilir lakukan penyiringan, untuk membuat lancar aliran dari Sungai Rimba.
Selain peningkatan Sungai, Bidang SDA ditahun 2022 ini akan membangun bangunan air di saluran irigasi Palam sebanyak satu buah.

“Terakhir pembuatan bangunan air, di saluran irigasi di Palam sebanyak satu buah.” jelasnya.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu di Mei sudah dilakukan kontrak, diharapkannya ditahun 2022 ini bisa lebih maju lagi antara April penyiapan dokumen lelang.(kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->