Puluhan Ribu Jamaah Hadiri Haul ke-212 Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

Puluhan Ribu Jamaah Hadiri Haul ke-212 Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary

Diterbitkan

pada

Puluhan ribu jamaah hadiri haul Datu Kalampayan Foto: net

MARTAPURA, Puluhan ribu jamaah menghadiri haul Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary ke-212 di ruang induk Masjid Jami Tuhfaturraghibin, Dalam Pagar Ulu Martapura Timur, Rabu (20/6).  Hujan yang mengguyur sejak pagi tak menghalangi hadirnya jamaah di acara haul Datu Kalampayan tersebut.

Tampak hadir Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, mantan Gubernur Rudy Arifin, Bupati Banjar KH Khalilurrahman, Sekdaprov yang juga ketua PWNU  Abdul Haris Makie,  angota DPR RI Aditya Mufti Arifin, Hasnuryadi, serta mantan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming. Bahkan tamu undangan dari luar daerah seperti Ahmad Hizazi, Sekda Provinsi Riau yang merupakan zuriat dari Datu Kalampayan, turut membaur bersama ribuan jamaah.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sahbirin di hadapan jamaah dalam sambutannya mengatakan, Kalsel banyak melahirkan beberapa ulama besar. Di antaranya Syekh M Arsyad Albanjari, KH Syarwani Abdan, KH Zainal Ilmi, KH Badaruddin dan KH M Zaini Bin Abdul Ghani dan banyak lagi ulama besar lainya.

Banyaknya ulama besar yang lahir di banua, menjadi berkah bagi Kalsel apalagi sosok ulama Syekh Arsyad Albanjari yang berpengaruh tidak hanya di Kalsel, bahkan luar Kalimantan, hingga sampai Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Hal ini, karena ilmu agama yang beliau ajarkan, bahkan melalui kitab-kitab yang ditulis, seperti kitab fiqih mazhab Imam Syaiffi yang terkenal Kitab Sabilal Muhtadin. “Momentum kali ini, janji Ulun tahun kemarin makam Datu Kalampaian akan direhab tahun 2018 ini,” ujar Sahbirin.

Dia juga berharap agar proses rehab kawasan makam Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari dapat dikerjakan dengan baik.

Meski diguyur hujan gerimis masyarakat tetap khusyu menghadiri haul ulama kenamaan Banua ini. Petugas gabungan pun melakukan pengamanan untuk memberikan pelayanan kepada para peserta haul. Tenda-tenda pun didirikan oleh panitian haul di sekitar lokasi .

Acara ini dibuka dengan pembacaan Alquran yang dibawakan Qori Internasional HM Rizkon. Haulan ini, kemudian diisi dengan pembacaan manaqib yang dibawakan oleh H Ahmadi Hamid.

Sebelumnya, kesiapan pengamanan untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut. Kabag Ops Polres Banjar Kompol Puryanto SH dan Kapolsek Martapura Timur Ipda Suradi juga sempat tampak turun memantau persiapan haul tersebut pada Selasa (19/6) yang lalu.

Kabag Ops Polres Banjar Kompol Puryanto SH mengatakan, untuk pengamanan haul kali ini, melibatkan sebanyak seribu personil yang terdiri dari Polres Banjar, Kodim 1006 Martapura, Satpol PP serta juga Dishub Banjar dan juga relawan.  “Kita juga sudah floating tempat parkir dan juga jalur kedatangan dan kepulangan para jemaah agar tidak macet,”ungkap Kompol Puryanto. (rendy)

Reporter:Rendy
Editor:Cell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan