Connect with us

HEADLINE

Potensi Cuaca Ekstrim di Barsel, Stasiun Meteorologi Sanggu Minta Warga Waspada

Diterbitkan

pada

Salah satu titik lokasi yang rusak akibat angin puting beliung, Selasa (22/2/2022) sore. Foto: bpbdbarsel

KANALKALIMANTAN.COM, BUNTOK – Stasiun Meteorologi Kelas IV Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sanggu-Barito Selatan mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai adanya bencana susulan yang diakibatkan oleh cuaca ekstrim sebagaimana terjadi puting beliung, Selasa (22/2/2022) petang.

Dijelaskan oleh Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas IV BMKG Sanggu-Barsel, Taufiq, berdasarkan rilis dari BMKG di Jakarta, pada tanggal 17 Februari 2022 lalu, ada potensi terjadinya cuaca buruk di wilayah Indonesia yang berlaku 17-23 Februari 2022.

Dari hasil analisis, kondisi kejadian hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang menunjukkan bahwa nilai index NINO3.4 pada kategori La Nina Lemah. Nilai suhu muka laut di wilayah indonesia di atas 28⁰C (hangat) berpotensi terjadinya penguapan yang signifikan.

Adanya daerah konvergensi dan belokan angin (shearline) di wilayah Kabupaten Barsel mengindikasikan adanya perlambatan dan penumpukan masa udara.



 

Baca juga : Puting Beliung Terjang Rumah Warga di Kelurahan Hilir Sper Dusel

Ditinjau dari indeks stabilitas atmosfer, kondisi atmosfer wilayah Kabupaten Barsel sedang labil, didukung dengan nilai kelembaban udara di atmosfer wilayah setempat cukup basah berkisar antara 60 persen-100 persen.

“Masih terjadi adanya potensi hujan signifikan untuk wilayah Kabupaten Barsel sampai dengan tanggal 28 Februari 2022. Untuk itu, diharapkan kepada seluruh masyarakat Barsel untuk selalu mewaspadai dampak potensi cuaca yang terjadi,” kata Taufiq kepada Kanalkalimantan.com via WhatsAap, Selasa (22/2/2022) malam.

“Dari hasil analisis tersebut, mendukung terbentuknya awan-awan hujan di wilayah Kabupaten Barsel,” pungkasnya.

Puting Beliung Terjang Rumah Warga di Kelurahan Hilir Sper Dusel

Angin puting beliung disertai hujan deras menerjang sejumlah rumah warga di Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Selasa (22/2/2022) sekitar pukul 17.00 WIB.

 

Baca juga : Perbaikan Infrastruktur Jalan di Kotabaru, SCG Gelontorkan Dana Kompensasi Rp 44 M

Meskipun belum diketahui secara pasti data kerusakan yang ditimbulkan, namun Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barsel mengkonfirmasi bahwa ada beberapa rumah porak poranda dan sejumlah pohon yang tumbang diterpa angin puting beliung disertai hujan deras.

Berdasarkan informasi sementara, Kepala BPBD Barsel, Alip Suraya mengatakan, pihaknya saat ini masih dalam situasi tanggap darurat pasca kejadian.
Dari data yang berhasil dihimpun, setidaknya ada empat titik yang sudah ditangani, yakni beberapa rumah dan barak sewa di Gang Ibunda 3 dan Ibunda 5, Kelurahan Hilir Sper, Kecamatan Dusun Selatan, serta pohon tumbang di Jalan Kaladan dan di arah Desa Danau Ganting, Kecamatan Dusun Selatan.

“Iya pak ikut prihatin. Ini kita baru pulang evakuasi di Jalan Ibunda 3 dan Ibunda 5, serta pemotongan pohon roboh di Jalan Kaladan dan arah Danau Ganting,” tutur Alip kepada Kanalkalimantan.com, Selasa malam.

Sementara itu, ada beberapa titik lainnya yang juga belum terkonfirmasi dan belum ditangani, yakni di wilayah Kamper, Kelurahan Hilir Sper.

“Pasukan terbagi tiga, nanti saya cek apakah sudah ada yang di Kamper. Sudah ada atau belum (ditangani),” tukas Alip.(kanalkalimantan.com/digdo)

Reporter : digdo
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

<<

Paling Banyak Dibaca

-->