Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

Pj Bupati HSU: Pencegahan Stunting Harus Jadi Pioritas Kita Bersama

Diterbitkan

pada

Pj Bupati HSU Zakly Asswan membuka kegiatan kick off pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting di HSU, Senin (10/6/2024). Foto: diskominfohsu

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Utara (HSU) memprioritaskan pencegahan dan penurunan angka stunting.

Hal itu ditegaskan Penjabat (Pj) Bupati HSU Zakly Asswan, saat membuka kegiatan kick off pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting di HSU, di aula Dr KH Idham Chalid, Senin (10/6/2024).

Pj Bupati HSU menyebut stunting adalah ancaman nyata yang dapat menghambat pertumbuhan fisik dan kognitif anak-anak.

“Stunting juga mengancam tercapainya Generasi Emas Indonesia dan Generasi Emas Kabupaten HSU pada khususnya. Oleh karena itu, pencegahan stunting harus menjadi prioritas bersama,” tegasnya.

Baca juga: Tanpa Izin Trayek, Angkot Cempaka-Martapura Beroperasi Pakai SK Sementara

Dia menjelaskan, adapun sasaran pelaksanaan pengukuran dan intervensi serentak ini ditujukan kepada ibu hamil, balita, dan calon pengantin. Dimana program tersebut akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024.

“Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan kunjungan sasaran ke Posyandu, mendeteksi dini masalah gizi melalui pengukuran antropometri, memberikan edukasi pencegahan stunting, dan melakukan tindakan intervensi segera pada sasaran bermasalah gizi yang telah diverifikasi oleh tenaga kesehatan di Puskesmas,” imbuhnya.

Karena itu, Zakly berharap, dengan terlaksananya kegiatan tersebut menjadi langkah awal dari implementasi yang lebih luas dan mendalam.

“Dalam konteks ini dukungan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian sangatlah penting, saya berharap kita semua dapat bekerja sama dengan baik, saling mendukung, dan bersinergi untuk mewujudkan generasi emas yang sehat dan cerdas di HSU,” harapnya.

Baca juga: Banjarbaru Surplus Pendapatan dan Belanja Daerah di 2023

Kick off pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting di HSU ini, disampaikan paparan materi terkait stunting oleh Kepala Dinkes HSU Mochammad Yandi Friyadi dan Kepala DPPKB HSU Lily Inderiani. Juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama dukungan pelaksanaan HSU Bauntung (Harus Semangat Usaha Basamaan Turunkan Stunting). (Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter: dew
Editor: bie


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->