Perpustakaan Keliling Palnam Roadshow ke Balangan - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pendidikan

Perpustakaan Keliling Palnam Roadshow ke Balangan

Diterbitkan

pada

Siswa di Balangan menyerbu Perpustakaan Keliling Kalsel Foto: istimewa

BANJARMASIN, Berbagai upaya dilakukan Perpustakaan Palnam untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Selain menambah luasan area Kids Library, Dispersip Kalsel terus menggalakkan perpustakaan keliling (Pusling) ke berbagai daerah.

Dalam pekan kali ini, Pusling menancapkan gasnya menuju Balangan. Ada pun tempat-tempat yang dituju di sana adalah SDN Juuh Kecamatan Tebing Tinggi, SDN Putat Basiun Kecamatan Awayan, SDN Sungsum Kecamatan Tebing Tinggi, SDN Tebing Tinggi kecamatan Tebing Tinggi, dan SMPN 1 Awayan kecamatan Awayan.

Kadispersip Kalsel Nurliani Dardie mengatakan, jarak bukan halangan bagi Pusling Palnam untuk dapat terus bergerak meningkatkan minat baca pelajar. “Bagi kami,  jarak bukan merupakan halangan. Asal mau bersabar, mengingat kami punya keterbasan armada serta tenaga. Insya Allah semua sekolah di semua kabupaten/kota akan kami datangi. Pokoknya non stop kami jalan, satu demi satu kami datangi,” tegasnya.

Para murid yang sekolahnya kedatangan Pusling ini pun merasa sangat senang. Mereka menyambut dan memilih buku-buku yang dipersiapkan di dalam mobil. Respons ini menunjukan bahwa miat baca anak-anak terhadap buku masih tinggi. “Selama sekian tahun layanan Pusling kami ke-13 kabupaten/kota, baru kali ini mendapat sambutan baik dari Kadis Perpustakaan kabupaten setempat,” kata Bunda Nunung, sapaan Nurliani Dardie ini.

Bahkan untuk yang di Balangan kali ini, Dinas Perpustakaan Balangan ikut menurunkan tiga aramada Puslingnya sekaligus ke titik-titik layanan yang dituju oleh Pusling Kalsel.

Sejak 1 Oktober 2018 lalu, perpustakaan keliling ini mulai beroperasi ke daerah. Hal ini dilakukan dalam rangka Mendukung Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Kalimantan Selatan sekaligus mewujudkan Kalsel Cerdas.

“Ini artinya kami tidak hanya melayani sekolah negeri dan swasta yang hanya ada di Banjarmasin dan sekitarnya, tapi ke semua kabupaten Kalsel sekalipun, bahkan yang terjauh” ungkap Bunda Nunung. (mario)

Reporter: Mario
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan