Connect with us

Pendidikan

Perkemahan Wirakarya dan Dianpinsat Kwarda Kalsel

Diterbitkan

pada

Perkemahan Wirakarya dan Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat) se-Kalsel. Foto : kwarda kalsel

MARTAPURA, Untuk meningkatkan mutu dan kemampuan peserta didik, khususnya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, Kwarda Kalsel bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel menyelenggarakan Perkemahan Wirakarya dan Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat) se-Kalsel.

Peserta kegiatan yang bersumber dari kwartir cabang, dilaksanakan di Kiram Park pada tanggal 24-28 November 2018. Sebanyak 221 anggota Pramuka mengikuti Perkemahan Wirakarya dan Dianpinsat.

Dari Perkemahan Wirakarya, anggota Pramuka diharapkan dapat menjadi potensi sumber daya manusia unggul di masyarakat. Dengan mengikuti kegiatan bakti sosial dikemas dengan metode kegiatan kepramukaan, dapat menjadi upaya eksistensi gerakan pramuka di tengah-tengah masyarakat.

Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat) adalah kegiatan pengembangan potensi diri anggota  pramuka dalam menyelenggarakan kegiatan Pramuka. Dengan tujuan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut mampu meningkatkan potensi diri sehingga menghasilkan program-program kegiatan yang berkualitas dan menarik.

Selain itu, peserta Dianpinsat diarahkan untuk paham dengan manajemen resiko. Dimana banyaknya kegiatan Pramuka yang sering berhadapan dengan tantangan, sehingga peserta dituntut untuk dapat merancang kegiatan denga zero accident.

Sebagai wadah pembinaan diri dan pembentukan karakter, Perkemahan Wirakarya dan Dianpinsat adalah model kegiatan yang strategis dan memiliki ciri tersendiri. Menumbuhkan kemandirian pada peserta didik, menumbuhkan empati, menambah wawasan dan keterampilan menjadi bagian dari kegiatan warga perkemhan. (bie)

Reporter:Bie
Editor:Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!