Connect with us

Kota Banjarbaru

Perjalanan Ogi Fajar Nuzuli, Segudang Prestasi Diraih Selama Masa Hidupnya

Diterbitkan

pada

Almarhum Ogi Fajar Nuzuli semasa masih jadi wakil wali kota Banjarbaru Foto: ist
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Wakil Wali Kota Banjarbaru periode 2010-2015, Ogi Fajar Nuzuli, menghembuskan nafas terakhirnya di RSUD Ulin Banjarmasin, Rabu (24/3/2021) malam. Kepergian pria bertubuh tambun ini tentu meninggalkan duka mendalam bagi kerabat, pegawai di jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru, dan masyarakat.

Kanalkalimantan.com merangkum jejak perjalanan Ogi -akrab disapa- selama masa hidupnya.

Ogi merupakan pria kelahiran Banjarbaru, 29 Desember 1966. Ia bersama sang istri Rahmah Khairita yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas PMPTSP Banjarbaru telah menjalin bahtera rumah tangga yang cukup lama. Keduanya dikaruniai empat orang anak.

Riwayat Ogi mulai mengenyam bangku pendidikan di SDN Tunas Harapan Banjarbaru dan kemudian pindah ke SD HPPINDO Banjarmasin. Setelah lulus tahun 1979, ia masuk ke SMPN VI Banjarmasin dan dinyatakan lulus tahun 1982.



Setelah itu, ia lanjut menempuh jenjang pendidikan di SMAN 1 Banjarmasin dan kemudian pindah ke SMAN 7 Banjarmasin. Karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dimulai saat mendaftarkan diri di APDN Banjarbaru (Alumni APDN XXI-89) atau yang kini sebuah IPDN.

Baca juga : INNALILLAHI. Mantan Wakil Wali Kota Banjarbaru Ogi Fajar Nuzuli Tutup Usia

Tak main-main, selama menempuh pendidikan ini, Ogi bahkan mendapatkan penghargaan sebagai Lulus Terbaik APDN Banjarbaru dan memperoleh Widya Karya Utama dari Menteri Dalam Negeri tahun 1989. Ia juga menjadi salah satu orang yang dinyatakan lulus memuaskan dari IIP Depdagri Jakarta dan menjadi 10 terbaik Wisudawan Jurusan Keuangan Daerah Angkatan XX.

Gelar sarjana pertama disandang setelah Ogi saat menempuh jenjang perkuliahan Pasca Sarjana IKIP Yogyakarta Jurusan Penelitian dan Evaluasi. Kemudian dilanjutkan Pasca Sarjana STIA Bina Banua Banjarmasin Jurusan Administrasi Publik dan lulus tahun 2006.

Prestasi di bangku perkuliahan juga berhasil diraihnya. Mulai dari lulus terbaik dengan indeks prestasi tertinggi pada Jurusan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pasca Sarjana IKIP Yogyakarta Wisuda I, tahun 1998. Serta lulus dengan predikat sangat memuaskan dari STIA Bina Banua Banjarmasin (Program Pasca Sarjana Kajian Pembangunan Daerah) tahun 2006.

Tahun 2009, Ogi sukses merengkuh puncak karirnya dimana ia mencalon sebagai Wakil Wali Kota Banjarbaru mendampingi Ruzaidin Noor. Pasangan berhasil memenangkan suara masyarakat Banjarbaru kala itu.
Berikut berbagai penghargaan almarhum:

1) Juara III Lomba Pidato se Kalimantan Selatan : 1978
2) Juara I Cepat Tepat P4 se Kalimantan Selatan : 1984
3) Peserta terbaik Penataran P4 Pola 100 jam : 1985
4) Lulus Terbaik APDN Banjarbaru dan memperoleh Widya Karya Utama dari Menteri Dalam Negeri : 1989
5) Lulus memuaskan dari IIP Depdagri Jakarta dan menjadi 10 terbaik Wisudawan Jurusan Keuangan Daerah Angkatan XX
6) Peringkat I Kursus Keuangan Daerah FE UGM- Depdagri : 1992
7) Penulis terbaik I Karya Ilmiah pada Kursus Keuangan Daerah UGM-Depdagri : 1992
8) Lulus Terbaik dengan Indeks Prestasi tertinggi pada jurusan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pasca Sarjana IKIP Yogyakarta Wisuda I : 1998
9) Lulus dengan predikat sangat memuaskan dari STIA Bina Banua Banjarmasin (Program Pasca Sarjana Kajian Pembangunan Daerah) : 2006
(Kanalkalimantan.com/rico)

 

Reporter : Rico
Editor : Cell

 

 


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->