Connect with us

PLN KALSELTENG

Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia 2019, PLN Tanam 10.000 Pohon

Diterbitkan

pada

Gubernur Sahbirin Noor menanam pohon dalam kegiatan Penanaman 10.000 Pohon yang merupakan bantuan CSR PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Foto: hms

BANJARBARU, Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2019, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng) menanam 10.000 pohon di Forest City di Kawasan Miniatur Hutan Hujan Tropika Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (28/11). Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor.

PLH General Manager PLN UIW Kalselteng, Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan Priyo Wurianto menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility PLN Peduli dalam rangka kepedulian terhadap pelestarian lingkungan.

Ia menegaskan bahwa PLN sebagai korporasi tidak hanya berfokus pada pelayanan kelistrikan kepada masyarakat dan berorientasi profit, namun juga memperhatikan environment sustainability.

“Salah satu misi PLN adalah Menjalankan Kegiatan Usaha yang Berwawasan Lingkungan. Pelaksanaan kegiatan penanaman 10.000 pohon ini merupakan bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan hidup. Tahun 2018, kami juga telah menanam sebanyak 1.200 pohon. Dengan demikian, saat ini kami telah berkontribusi sebanyak 11.200 pohon di Kawasan Miniatur Hutan Hujan Tropika,” ujar Priyo.

Priyo menyampaikan bahwa pohon sengon merupakan jenis pohon yang dipilih untuk ditanam pada kegiatan tersebut. Pohon sengon merupakan pohon produktif dengan berbagai keunggulan. Diantaranya cepat tumbuh besar dan merupakan pohon peneduh sehingga dapat membuat sejuk lingkungan di sekitarnya. Sejumlah 10.000 pohon sengon tersebut akan ditanam secara bertahap hingga tahun 2020 nanti.

“Untuk pelaksanaan kegiatan ini, kami bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan. Banyak sekali manfaat yang akan kita dapat dari menanam pohon, salah satunya adalah mencegah efek rumah kaca dan mengurangi pemanasan global. Kami harap pohon yang kami tanam dapat tumbuh subur dan semakin menghijaukan kawasan ini sehingga dapat menjadi paru-paru Kalimantan Selatan, khususnya di wilayah Banjarbaru,” ujar Priyo.

Gubernur Sahbirin Noor menyampaikan apresiasinya terhadap PLN yang turut berkomitmen pada kelestarian lingkungan dan mendukung Gerakan Revolusi Hijau di Kalimantan Selatan. Dirinya juga menekankan pentingnya masyarakat untuk menjaga lingkungan dan menumbuhkan kesadaran bahwa manusia yang menumbuhkan lingkungan.

“Kami mengapresiasi inisiatif PLN yang melakukan penanaman 10.000 pohon pada Hari Menanam Pohon Indonesia tahun ini sebagai dukungan terhadap Gerakan Revolusi Hijau. Kami berharap kegiatan ini dapat menggerakkan kesadaran segenap  komponen masyarakat untuk turut berperan serta dalam mengisi pembangunan yang berwawasan lingkungan,” ujar dia.

HMPI yang ditetapkan dalam Keppres RI No. 24 Tahun 2008 merupakan langkah untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menanam pohon. HMPI juga dilakukan sebagai wujud kepedulian dalam memulihkan kerusakan hutan dan lahan.(cel/rls)

Reporter : Cel/rls
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->