Connect with us

HEADLINE

Peringatan Kompolnas Terbukti, Seragam Satpam Bikin Bingung Masyarakat

Diterbitkan

pada

Seragam Satpam sejak 2020 mirip dengan Polri, warnanya akan diubah kembali. Foto: YouTube/Kongkorongok

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA – Polri bakal mengubah kembali warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam) dari warna cokelat muda ke warna krem.

Sebelum diputuskan menggunakan warna yang mirip dengan seragam polisi, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sudah mengingatkan Polri untuk mengkaji kembali keputusan tersebut.

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengatakan, pihaknya sudah mengingatkan Polri, karena warna senada antara seragam Satpam dengan polisi itu malah akan membuat masyarakat bingung.

Peringatan tersebut akhirnya terbukti, ketika masyarakat saling berkeluh kesah karena tidak bisa membedakan mana satpam dan anggota polisi.



 

Baca juga : Yuk Ikutan! Lomba Video Kreatif Wisata Kuliner Kapuas

“Kompolnas sudah memperingatkan Polri pada saat Polri menetapkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang ditetapkan tanggal 5 Agustus 2020. Kompolnas menyatakan bahwa kesamaan warna seragam akan membingungkan masyarakat,” kata Poengky saat dihubungi Suara.com –jaringan Kanalkalimantan.com, Kamis (13/1/2022).

Selain itu, Kompolnas juga pada saat itu melihat dari adanya kesamaan warna antara seragam Satpam dengan anggota polisi dikhawatirkan akan rentan disalahgunakan.
Semisal saja, digunakan oleh teroris dengan mengenakan pakaian berwarna senada dengan seragam satpam dan polisi.

“Sehingga Kompolnas meminta Polri untuk mengevaluasi kebijakan ini,” ujarnya.
Sebelumnya, Polri menegaskan perubahan seragam Satpam dari warna cokelat muda ke krem masih dalam tahap kajian.
Rencananya, seragam baru itu akan diperkenalkan ke masyarakat pada saat hari ulang tahun (HUT) Satpam ke-41 pada 31 Januari 2022.

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan seragam baru satpam nantinya baru berlaku satu tahun setelah dibentuknya peraturan kepolisian atau Perpol.

 

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti.

Baca juga : DLH Palangkaraya Belajar Pengelolaan Kearsipan ke Depo Arsip Kalsel

“Tanggal 31 Januari ini rencananya akan digelar hari ulang tahun Satpam ke 41, dan pada saat hari hari ulang tahun Satpam tersebut akan diperkenalkan. Tapi kapan berlakunya? Satu tahun setelah Perpol dibentuk Perpol tentang pakaian seragam tersebut,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (13/1/2022).

Polri sebelumnya berencana mengubah kembali warna seragam Satpam. Alasannya, karena terlalu mirip dengan seragam polisi hingga membingungkan masyarakat.

“Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam,” kata Ramadhan kepada wartawan, Rabu (12/1/2022) kemarin.

Kekinian, kata Ramadhan, Polri masih melakukan pengkajian. Seragam Satpam dengan warna coklat muda ini rencananya akan diubah menjadi krem.

“Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem,” kata dia. (Suara.com)

Editor : kk


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->