Connect with us

Bisnis

PENTING! Wajib Pelajari Literasi Digital untuk Sukseskan Bisnis di 2022 

Diterbitkan

pada

Pentingnya literasi digital untuk sukses jalankan bisnis Foto: ist

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Mempelajari dan memahami tentang literasi digital sangat penting bagi pebisnis. Pasalnya, proses digitalisasi memang sedang berjalan di banyak bidang.

Jika pelaku bisnis tidak bisa beradaptasi terhadap proses digitalisasi ini, tentu usaha bisa jadi tertinggal bahkan gulung tikar. Inilah berbagai informasi mengenai literasi dibidang digital.

Pengertian dan Manfaat Literasi Digital

Istilah literasi sendiri merujuk pada pengetahuan dan keterampilan di bidang tertentu. Artinya, literasi digital merupakan sebuah kemampuan serta wawasan untuk memanfaatkan alat komunikasi, teknologi digital, dan mengevaluasi informasi yang diterima secara cermat. Adanya literasi digital ini sangat diharapkan supaya masyarakat dapat memakainya semaksimal mungkin, tanpa meninggalkan tanggung jawab lainnya.



 

 

Baca juga: Tiga Kali Pelanggaran Narkoba, Anggota Polres Kapuas Dipecat  

Para pelaku bisnis pun juga harus memiliki pengetahuan mengenai literasi ini. Pasalnya, saat menerapkan teknologi digital dalam bisnis, tentu akan ada banyak manfaat yang diperoleh. Inilah berbagai manfaat tersebut:

1. Memotivasi Karyawan

Persaingan karyawan kini semakin ketat dalam meningkatkan skill dan karirnya. Dengan meningkatkan kemampuan literasi digitalnya pasti karir juga akan meningkat perlahan. Nah pelatihan karyawan sendiri sudah dilakukan oleh beberapa pebisnis agar kemampuan digitalnya dapat berperan dengan baik.

2. Meningkatkan Produktivitas

Produktivitas sudah menjadi kunci operasional suatu bisnis agar bisa senantiasa menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Penggunaan media digital seperti aplikasi dan software akan membuat pekerjaan produksi maupun distribusi jadi lebih efisien. Dengan begitu, Anda sebagai pebisnis bisa lebih produktif.

3. Meningkatkan Pendapatan

Manfaat lainnya, literasi digital akan membantu meningkatkan pendapatan pebisnis. Pasalnya, saat Anda sudah memiliki kemampuan digital yang memadai, Anda bisa menjalin hubungan dengan konsumen yang lebih intens dan kuat. Dengan demikian, Anda bisa semakin efektif dalam mencari pelanggan baru serta dalam satu waktu senantiasa mempertahankan pelanggan lama. Hasil akhirnya tentu pendapatan bisnis pun akan meningkat.

 

Strategi Bisnis yang Berkaitan dengan Literasi Digital

Berikut ini adalah beberapa strategi bisnis yang bisa diterapkan oleh pebisnis dan berkaitan dengan literasi di bidang digital:

1. Gunakan Sosial Media

Ada banyak sosial media saat ini seperti Instagram, Twitter, Line, TikTok, dan Facebook. Semua sosial media tersebut bisa digunakan oleh pebisnis untuk mencari keuntungan lebih banyak. Oleh sebab itulah, jangan ragu bagi Anda untuk menerapkan sosial media sebagai strategi pemasaran bisnis Anda.

Baca juga: Wabah PMK Mulai Dirasakan Pedagang Daging, DKP3: Virus Tidak Menular ke Manusia

2. Mobile Friendly

Saat ini, pengguna smartphone dan gadget semakin meningkat. Karena penggunanya yang lebih banyak ketimbang desktop, memastikan website sudah mobile friendly adalah hal yang sangat penting. Sebab, jika website tidak maksimal ketika dibuka pada ponsel, maka ini akan mengurangi pengalaman penggunaan pelanggan. Hasilnya, jika pengalaman tersebut tidak bagus pelanggan akan kapok untuk kembali ke website bisnis Anda.

Di samping mempersiapkan website yang mobile friendly bagus, jangan lupa juga untuk menggunakan hosting yang berkualitas. Pasalnya, penyedia hosting yang berkualitas dan profesional bisa memastikan website Anda selalu berada dalam kinerja yang baik dan maksimal.

3. Digital Marketing

Di samping dua hal di atas, jangan lewatkan untuk terapkan juga digital marketing. Aktivitas promosi ini sudah jadi hal lumrah saat ini untuk mempromosikan brand bisnis Anda. Apabila tidak bisa gunakan digital marketing, jangan khawatir, sebab ada banyak sekali jasa digital marketing yang menawarkannya. Teknik pemasaran digital ini dapat berupa, SEO, iklan televisi dan radion, billboard elektronik, dan email marketing.

Itulah beberapa alasan kenapa literasi digital sangat penting untuk Anda ketahui saat ini. Terutama untuk kemajuan bisnis Anda kedepannya. Jadi, pastikan Anda mempelajari kemudian menerapkan pengetahuan literasi ini dengan maksimal ya! (Kanalkalimantan.com/adv)

Reporter: adv
Editor: cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

<

Paling Banyak Dibaca

-->