Connect with us

Kesehatan

Penghuni Lapas Perempuan Kelas II Martapura Lakukan IVA Test

Diterbitkan

pada

Ratusan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II Martapura menjalani pemeriksaan Inpeksi Visual Asam Aselat (IVA). Foto : redny

MARTAPURA, Ratusan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II Martapura menjalani pemeriksaan Inpeksi Visual Asam Aselat (IVA) di aula Lapas, Rabu (19/12).

IVA test diselenggarakan TP PKK Kabupaten Banjar bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dimaksudkan untuk melakukan deteksi dini kanker rahim para warga binaan.

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudhatul Wardiyah mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan mengingatkan IVA test sangat penting untuk wanita, guna mengetahui apakah ada gejala kanker pada dinding rahimnya.

“Untuk mengetahui kesehatannya saya berharap agar semua warga binaan di Lapas Perempaun II Martapura, mau menjalani IVA test,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikhwansyah  mengingatkan agar para warga binaan selalu menjaga kesehatan dan berharap agar dengan diadakannya pemeriksaan IVA tes ini, semua warga binaan negatif kanker.

“Jika ada warga binaan yang positif kanker, maka  akan segera bisa diketahui dan kita lakukan tindakan pengobatan,” ujarnya.

Pada acara itu, juga dilakukan penandatanganan kesepakatan tentang peningkatan peran PKK dalam kemitraan dengan Lembaga Pemasyarakatan. Program pencegahan penyakit kanker leher rahim melalui pemeriksaan IVA test di Kabupaten Banjar.

Penandatanganan dilakukan Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah dan Kepala Lapas Perempuan Kelas II Martapura Yunengsih. (rendy)

Reporter:Rendy
Editor:Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share