Penggunaan WC Individual di Tambak Anyar Ulu Diresmikan Bupati Banjar - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Banjar

Penggunaan WC Individual di Tambak Anyar Ulu Diresmikan Bupati Banjar

Diterbitkan

pada

Pemerintah Kabupaten Banjar canangkan Kampung KB dan Rumah Dataku di Desa Tambak Anyar Ulu, Kecamatan Martapura Timur. Foto : rendy

MARTAPURA, Pemerintah Kabupaten Banjar canangkan Kampung KB dan Rumah Dataku di Desa Tambak Anyar Ulu, Kecamatan Martapura Timur, Kamis (24/10). Upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa melalui program kependudukan KB dan pembangunan peresmian WC Individual dan pengangkatan jamban terapung

Bupati Banjar KH Khalilurrahman mengatakan, Kampung KB dan Rumah data Kependudukan (Rumah Dataku)  merupakan instruksi langsung Presiden Jokowi. Perwujudan dari sinergisitas beberapa kementrian terkait dari pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, mitra kerja dan pemangku kepentingan, serta partisipasi langsung masyarakat.

“Salah satu di dalam Program KB untuk mengatur kelahiran agar pertambahan jumlah penduduk dapat dipantau dengan mudah. Perlu ada pendataan siapa saja yang mengikuti program KB dalam setiap wilayah, sehingga Kampung KB dan Rumah Dataku ini menjadi suatu kesatuan yang saling berkaitan,” jelasnya.

Ditambahkan Bupati Banjar, diresmikan Rumah Data Kependudukan -Rumah Dataku- merupakan kelanjutan pencanangan Kampung KB oleh Presiden Jokowi, rumah dataku hadir sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat sadar data.

Sementara itu terkait peresmian WC individual dan pengangkatan jamban terapung, Bupati Banjar mengatakan, sebelumnya rencana pembangunan WC individual dicanangkan akan dibangun sebanyak 51 unit, dan hingga sekarang sudah terealisasi sebanyak 41 unit.

“Progres ini terbaik jika dibanding dengan desa lainnya yaitu 80,39 persen, adapun untuk pengadaannya yaitu septic tank-nya dari Pemkab Banjar, sedangkan WC-nya merupakan swadaya masyarakat dari dana desa,” jelasnya.

Kebiasaan masyarakat yang masih berperilaku buang air besar ke sungai, harus menjadi perhatian bersama. “Kebiasaaan yang kurang baik itu sangat berdampak terhadap kesehatan,” ujar Bupati Banjar.

WC individual dan pengangkatan jamban terapung merupakan upaya memelihara dan menyelamatkan ekosistem air dan kehidupan di sungai, serta menjaga lingkungan tetap bersih, dan berkualitas. (rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan