Connect with us

Kota Banjarbaru

Pemprov Sosialisasi Geopark Meratus Lewat Penguatan Peran Lembaga Adat

Diterbitkan

pada

Pemprov terus melakukan sosialisasi geopark Meratus Foto: Rico

BANJARBARU, Pemprov Kalsel akan terus melakukan langkah terukur dan komprehensif untuk melakukan pelestarian Pegunungan Meratus pasca ditetapkan sebagai salah satu Taman Bumi (Geopark) Nasional. Salah satunya adalah memantapkan sosialisasi kepada masyarakat adat dan pemerhati lingkungan.

“Ya, kita akan terus melakukan langkah konkret untuk menindaklanjuti program Geopark Meratus. Salah satunya melakukan sosialisasi secara komprehensif kepada segenap komponen masyarakat, terutama masyarakat sekitar dan unsur terkait,” terang Ir Nurul Fajar Desira, CES, merespon aspirasi pemerhati lingkungan terkait Geopark Meratus, Senin (25/2).

Ditegaskan Ketua Umum Badan Pengelola Geopark Nasional  Pegunungan Meratus ini, solusi untuk menyakinkan masyarakat terkait pelestarian kawasan Pegunungan Meratus melalui penguatan peran lembaga adat,  dan pelestarian budaya serta  lingkungan adalah dengan membuka akses informasi terpadu.

Bersama stakeholder terkait, pihaknya sebut Fajar, segera memantapkan akses komunikasi dengan pihak terkait melalui sosialisasi. Fajar menyakini dengan sosialisasi serta mengajak masyarakat untuk berdialog, maka  misskomunikasi tetkait geopark akan bisa dijernihkan.

Ini mengingat, Geopark sendiri  bertujuan mengajak masyarakat setempat berperan serta melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya.

Terkait ekslarasi Pegunungan Meratus adalah sebuah tekad bersama untuk menjaga dan melestarikan sebagai bagian geopark nasional beserta seluruh geositenya. Selain itu, mendukung pengembangan geopark Meratus sebagai salah satu wisata geologi unggulan di Kalimantan Selatan dengan tema ofiolit tertua di Indonesia.

Dikatakan Geopark Meratus ini menjadi yang pertama di Pulau Kalimantan dan memiliki keunikan dibandingkan geopark lainya. Pegunungan Meratus merupakan sebuah pegunungan dengan gugusan kerak samudra (ofiolit) tertua di Indonesia dan bahkan dunia.

Sementara Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengucapkan syukur karena wilayahnya dianugerahi kekayaan alam yang begitu banyak unik. Ia mengemukakan, Kalsel mempunyai Situs warisan geologi (geosite) yang bernilai tinggi serta bentang alam yang indah tersebar di sepanjang Pegunungan Meratus, dari Kabupaten Tabalong sampai Kotabaru. “Ini merupakan kekayaan alam yang tidak ada duanya,” ucapnya.

Menurutnya, saat ini pegunungan Meratus telah mendapat pengakuan sebagai Geopark Nasional oleh Komite Geopark Nasional.  “Ini suatu kemajuan yang sangat berarti, saya mengajak kita semua untuk merawat, melestarikan mengembangkan dan bumi Kalsel terutama Pegunungan Meratus untuk anak cucu kita nantinya,”ucapnya. (Rico)

Reporter:Rico
Editor:Cell

Bagikan berita ini!
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares
Advertisement