Connect with us

RELIGI

Pemprov Kalsel Targetkan 75% Peserta Didik Khatam Al Qur’an

Diterbitkan

pada

Pemprov Kalsel targetkan 75 Persen Peserta Didik Khatam Al Qur’an Foto: rico

BANJARBARU, Sebanyak 260 siswa SMK se-Kalsel mengikuti kegiatan Khatam Al-Qur’an yang digelar di Asrama Haji Banjarbaru. Program pendidikan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalsel ini, diharapkan memperkuat pembinaan karakter para pendidik dan peserta didik disuatu pendidikan, terutama karakter nilai Al Qur’an.

Kepala Bidang (Kabid) Bina SMK Disdik Prov Kalsel, Samsuri mengatakan program Khatam Al Qur’an merupakan program pendidikan yang dilaksanakan disetiap satuan pendidikan sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah.

“Kebijakan Khatam Al Qur’an tersebut dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalimantan Selatan tahun 2016-2021, dengan target 75 persen peserta didik khatam Al Quran,” katanya.

Samsuri juga menjelaskan kegiatan ini dapat dilaksanakan dalam kegiatan intra maupun ekstra kulikuler, terencana dan terprogram dengan baik sesuai dengan kapasitas satuan pendidikan, terukur, dan terevaluasi oleh satuan pendidikan, kelompok kerja tingkat kabupaten/kota dan kelompok kerja tingkat provinsi pada Dinas Pendidikan dan kebudayaan Prov Kalsel.

Adapun tujuan kegiatan ini, selain dalam rangka mencapai target RPJMD, juga diharapkan dapat memperkuat pembinaan karakter para pendidik dan peserta didik terutama karakter berbasis nilai Al Qur’an untuk membangun kekuatan keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia.

“Kita ingin menguatkan wawasan dan pemahaman para siswa-siswi tentang pentingnya Al Qur’an sebagai pedoman hiduo manusia, pedoman ketaqwaan, dan pedoman alam semesta. Kita juga ingin terbentuknya pola sikap hidup islami yang disiplin, tanggung jawab, gotong royong dan berempati pada sesama,” lanjutnya.

Kegiatan Khatam Al Qur’an peserta didik SMK ini diselenggarakan selama lima hari dari Senin (21/10) ini hingga Jumat (25/10) mendatang. Selain itu, turut dihadirkan sejumlah narasumber saat bimbingan teknis nantinya, seperti Pejabat Disdik Prov Kalsel dan Kelompok Mudabbir Al Qur’an.

Jumlah peserta didik sebanyak 260 orang, terdiri dari 130 siswa laki-laki dan 130 siswa perempuan.

Sementara itu, dalam sambutan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, Heriansyah, menyambut baik pelaksanaan Khatam Al Qur’an yang mana dalam acara ini sangat terasa semangat kebersamaan untuk mencintai, menghormati dan mengagungkan kesempurnaan kitab suci Al Qur’an.

“Kiranya gema lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an selama acara Khataman ini berlangsung, akan memicu semangat generasi muda di Provinsi Kalsel untuk gemar membaca Al Qur’an. Dari rumah-rumah umat Islam di Kalsel, semoga selalu terdengar lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an,” katanya sekaligus membuka kegiatan. (Rico)

Reporter : Rico
Editor : Chell

 

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca
Advertisement
-->