Pemkab Banjar Salurkan Rp 1 Miliar Benahi Rumah Ibadah di 52 Desa - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Salurkan Rp 1 Miliar Benahi Rumah Ibadah di 52 Desa

Diterbitkan

pada

Bagian Kesejahteraan dan Sosial Kabupaten Banjar H M Asliansyah Foto : rendy

MARTAPURA, Pemkab Banjar tetapkan bantuan keuangan yang bersipat khusus Rp 1 Miliar lebih, untuk membangun atau perbaikan sarana dan prasarana rumah ibadah dan keagamaan lainnya di 52 desa. Hal ini ditegaskan Bagian Kesejahteraan dan Sosial Kabupaten Banjar H M Asliansyah, Jumat (16/11).

Ia mengatakan, pemkab pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 telah menetapkan bantuan keuangan yang bersifat khusus kepada desa se Kabupaten Banjar.

“Adapun bantuan khusus dengan total Rp 1,084 miliar digunakan untuk membangun atau perbaikan sarana dan prasarana rumah ibadah dan keagamaan lainnya,” paparnya.

Asliansyah mengatakan, dalam perkembangannya penerapan bantuan ini bukan tanpa kendala dalam pelaksanaannya. Mengingat banyak lembaga keagamaan yang masih belum memenuhi persyaratan seperti tidak punya maupun sedang diproses surat keterangan berbadan hukum sehingga tidak tercantum dalam aset desa.

“Dalam pengajuan sebenarnya lebih dari 52 desa, namun karena ada beberapa desa yang masih belum lengkap pemberkasanya makanya kita batasi,” ujarnya.

Perlu diketahu sebelumnya dalam pelaksanaan adapun proposal permohonan tersebut di tunggu paling lambat 31 Maret yang lalu, yang kemudian di verifikasi, dan dari hasil verifikasi ada beberpa yang tidak memenuhi persyaratan dengan kata lain tidak lengkap atau tidak sesuai dengan ketentuan. Asliansyah menegaskan untuk tahun 2019 mendatang, pihaknya akan mengambil kebijakan bagi permohonan pengajuan yang tidak lengkap maka tidak bisa di proses lebih lanjut.

“Memang ditahun ini aturannya agak ketat dari tahun yang lalu, namun dalam pelaksanannya kami targetkan 52 desa itu dulu sudah tersalurkan hingga akhir tahun 2018. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Chell

Bagikan berita ini!