Connect with us

HEADLINE

Pemkab Balangan Jajaki Rencana Pembukaan Jalan Penghubung ke Kabupaten Paser Kaltim

Diterbitkan

pada

Survei penjajakan rencana pembukaan jalan perbatasan Kabupaten Paser, Kaltim dengan Kabupaten Balangan, Kalsel. Foto: ist

KANALKALIMANTAN.COM, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan melakukan penjajakan rencana kerjasama kajian akses Jalan Halong, Kabupaten Balangan, Kalsel, tembus ke Desa Muara Samu, Kabupaten Paser, Kaltim, dengan perangkat daerah Kabupaten Paser pada Kamis (9/12/2021) lalu.

Didampingi Bagian Tata Pemerintahan, PUPR dan Dinsos PMD Kabupaten Balangan bersama Bappeda, Dinas PU dan Dinas PMD Kabupaten Paser.

“Berdasarkan Permendagri Nomor 46 tahun 2014 tentang batasan daerah Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur dengan Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan, ada potensi kerjasama yaitu pembukaan akses penghubung Kabupaten Paser dengan Kabupaten Balangan. Dimana terdapat dua kawasan di antaranya jalan eks PT Bentala dan eks PT BAIL,” tutur Toto Ifrianto, Kabid Tata Ruang Dinas PU Kabupaten Paser.

Jalan eks PT Bail itu memiliki potensi jalan khusus bisnis pertambangan yang sudah banyak perusahaan memohonkan rekomendasi, sedangkan untuk jalan eks PT Bentala ada bersinggungan dengan kawasan hutan lindung yang untuk itu memerlukan perizinan dari pihak Kementrian Kehutanan.



 

 

Baca juga: BREAKING NEWS: Varian Omicron Sudah Masuk Indonesia, Terdeteksi dari Pasien Inisial N

“Kami sangat menyambut dengan adanya kegiatan penjajakan kerjasama rencana kajian akses jalan antar dua kabupaten ini, dan diharapkan dapat berjalan baik, dan dari Kabupaten Paser semoga berkesempatan dapat melaksanakan kajian terkait ini sehingga dapat terkomodir kepentingan dan kebutuhan daerah masing-masing sebagai daerah penyangga atau pintu gerbang calon Ibu Kota Negara di masa mendatang,” beber Plt Kepala Bappeda Paser, Hulaimi yang turut hadir.

Sementara itu, Kasi Perencanaan Pengendalian Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Balangan Anton Wirasto mengatakan, jalan eks PT Bail sudah tertutup pada citra satelit dengan medan yang terlalu curam untuk di kawasan Kabupaten Balangan. Sedangkan jalan eks PT Bentala eksisting jalan yang relatif tidak terlalu curam dan terlihat jelas, bahkan jarak tempuh yang lebih dekat.

Sementara itu, Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Bappedalitbang Balangan, Reki Hardianto Saputra mengatakan, rencana akan dibukanya objek wisata di Kecamatan Halong menjadi modal untuk dibukanya akses jalan guna mendukung pengembangan eko wisata dan pengiriman hasil pertanian dan perkebunan.

Baca juga: Banjarbaru Murdjani Festival 2021 Digelar, Kembali Setelah Dua Tahun Ditiadakan

“Mengingat akses jalan eks PT Bentala yang dekat menuju wilayah perbatasan Desa Uren, Kecamatan Halong ke perbatasan Kabupaten Paser di Desa Muara Samu itu sekitar 12 Km,” paparnya.

Survei awal penjajakan tapal batas Kabupaten Paser-Kabupaten Balangan dilakukan pada Jumat (10/12/2021) bersama dengan Bappeda Kabupaten Paser, Kecamatan Muara Samu dan Kepala Desa serta Kepala Adat Muara Andeh sebagai tahap awal rencana penyusunan kajian studi kelayakan konektivitas jalan eks PT Bentala yang akan dilaksanakan pada tahun 2022.
(kanalkalimantan.com/alfi)

Reporter : alfi
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

<<

Paling Banyak Dibaca

-->