Connect with us

HEADLINE

Pemilu Hitungan Hari, Ketua Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan Mundur

Diterbitkan

pada

Iwan Setiawan mengundurkan diri sebagai Ketua Bawaslu Kalsel. Kini posisinya digantikan oleh Erna Kasypiah. Foto: net

BANJARMASIN, Tinggal tujuh hari menjelang pemilu 17 April 2019, kabar mengejutkan dari Bawaslu Kalsel. Ketua Bawaslu, Iwan Setiawan mengundurkan diri terhitung sejak Selasa (9/4). Kini posisinya digantikan oleh Erna Kasypiah, yang sebelumnya menjabat Koordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kalsel. Lalu, ada apa sebenarnya yang sedang terjadi di Bawaslu Kalsel?

Mundurnya Iwan Setiawan sebagai Ketua Bawaslu disampaikan melalui surat tertulis di atas materai yang disampaikan pada tanggal yang sama, beberapa saat sebelumnya digelarnya rapat pleno penentuan ketua baru. Dalam surat tersebut, Iwan menyampaikan alasan pengunduran dirinya di atas materai Rp 6 ribu yang ditulis di Jakarta, pada 9 April 2019.

Alasan Iwan Setiawan mengundurkan diri karena pertimbangan pribadi atau urusan keluarga.

Dalam suratnya tersebut, Iwan menyampaikan keputusan pengunduran diri sebagai ketua itu diambil penuh kesadaran dan tanpa intervensi pihak mana pun.

“Iya, Pak Iwan menyatakan dalam suratnya mengajukan pengunduran diri sebagai Ketua. Tapi beliau tetap menjadi bagian dari anggota Bawaslu Kalsel. Jadi menindaklanjuti hal tersebut, tadi digelar rapat pleno dengan hasil menunjuk saya sebagai penggantinya,” kata Erna Kasypiah, saat dikonfirmasi Kanalkalimantan.com, Selasa (9/4).

Ia mengatakan, rapat pleno membahas pengunduran Iwan Setiawan dibahas di kantor Bawaslu Kalsel, Jl RE Martadinata, tadi siang. Hasilnya, sepakat menunjuk Erna Kaspiyah sebagai Ketua Bawaslu Kalsel yang baru.

Erna mengatakan, pengunduran Iwan Setiawan dari ketua Bawaslu serta hasil rapat pleno yang digelar tadi siang pun sudah disampaikan ke Bawaslu RI.

Ia memastikan, pergantian nahkoda Bawaslu Kalsel ini tidak akan mengganggu agenda kerja yang telah disusun badan pengawas pemilu ini. Sebab, kepemimpinan di Bawaslu menganut asas kolektif kolegial. “Sebenarnya fungsi ketua lebih banyak koordinatif. Karena kerja Bawaslu lebih dilakukan pada divisi masing-masing.

Dan saat ini juga tidak ada perubahan kerja untuk divisi komisioner Bawaslu. Semua tetap, Pak Iwan masih tetap memegang Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi. Sementara saya juga di Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga,” katanya.

Hal sama juga disampaikan komisioner Bawaslu Azhar ‘Aldo’ Ridhanie. Ia mengatakan, pengunduran Iwan Setiawan tidak akan berpengaruh terhadap tahapan tugas dan pengawas lembaganya. “Organisasi tetap berjalan sesuai koridor berlaku. Sebab semua rencana telah disusun dalam tugas kepengawasan Pemilu 2019,” katanya.

Lalu, apa sebenarnya yang terjadi di Bawaslu Kalsel? Hingga berita ini diturunkan, Iwan Setiawan masih belum berhasil dikonfirmasi terkait pengunduran dirinya sebagai ketua. Meskipun, dalam surat pernyataan yang ditulis singkat dan ringkas tersebut, ia beralasan karena pertibangan kepentingan pribadi/urusan keluarga. (Mario)

Reporter:Mario
Editor:Cell

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->