Pembangunan Pasar Paminggir Tuntas Akhir Tahun - Kanal Kalimantan
Connect with us

Advertorial

Pembangunan Pasar Paminggir Tuntas Akhir Tahun

Diterbitkan

pada

Pasar Paminggir yang berada di bantaran Sungai Barito akan direlokasi ke tempat baru. Foto : dewahyudi

AMUNTAI, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memrelokasi Pasar Paminggir baru di kawasan kantor Kecamatan Paminggir, Kabupaten HSU.

Pembangunan Pasar Paminggir direncanakan berada tidak jauh dengan dermaga dan kawasan kantor Kecamatan Paminggir dengan luas 775,88 meter persegi, dapat dimanfaatkan warga untuk transaksi jual beli desa Paminggir dan sekitarnya yang berada di kawasan sungai Barito.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop dan UKM HSU Marzuki mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi pembanguanan pasar dan meminta masukan kepada para pedagang agar bisa memenuhi keinginan pedagang.

“Pembangunannya sudah dikerjakan pada akhir bulan Juli kemarin, insya Allah selesai Desember,” ungkap Marzuki.

Pemkab HSU menganggarkan Rp 3 miliar untuk tiga buah renovasi pasar yaitu Pasar Banjang, Pasar Alabio dan Pasar Paminggir yang masih dalam pengerjaan sekitar 30%.

Sekadar diketahui, pembangunan Pasar Paminggir lebih banyak memakan biaya yakni sekitar Rp 1,7 miliar. “Lokasi yang berada jauh dari ibu kota kabupaten serta biaya angkutan material yang memang lebih besar,” kata Marzuki.



Sementara itu, selama ini masyarakat menerima pembangunan pasar tersebut. Masyarakat meminta akomodasi atas perpindahan pasar tersebut nantinya dapat memperbesar pelabuhan tempat sandar kapal dagang dan pemberian gerobak angkut untuk dapat memberikan akses barang dari pelabuhan menuju pasar yang berjarak sekitar 50 meter tersebut.

“Kedepannya, dekat lokasi pasar akan dibangun kantor Polsek Paminggir,” sebutnya.

Sebelumnya, Camat Paminggir H Hanafi mendukung dan berharap pembangunan Pasar Paminggir bisa segera diselesaikan, mengingat pentingnya keberadaan pasar bagi masyarakat setempat.

“Kami dari kecamatan sangat mendukung pembangunan ini, dan diharapkan bisa secepatnya selesai dibangun, karena pasar yang lama sudah kurang layak digunakan untuk para perdagang,” ngkap Hanafi pada saat sosialisasi dihadapan masyarakarat.

Hanafi berharap adanya pembangunan pasar yang baru dapat memberikan kenyamanan, keindahan, dan kebersihan, sehingga bisa menarik perhatian pembeli di desa-desa kawasan Sungai Barito. (dew)

Reporter : Dew
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan