Connect with us

Olahraga

Pecatur Kalsel Nisfha Turun di Pra PON XXI, Ingin Hadapi Irene Sukandar

Diterbitkan

pada

Nishfa Dayyana Rahmah bermain di kelas catur standar perorangan puteri di babak pertama kualifikasi PON XXI. Foto: percasikalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANDUNG – Pecatur muda asal Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Master Nasional Wanita (WMN) Nishfa Dayyana Rahmah turun di kelas catur standar perorangan puteri Babak Kualifikasi PON XXI di Bandung.

Kegemilangan didapat Nisfha setelah mengalahkan Intan Gina Ilmi dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) pada langkah 41 melalui pembukaan babak kualifikasi PON XXI yang gelar 25 Nopember 2023 sampai dengan 1 Desember 2023, di Grand Pasundan Convention Hotel Bandung, Jawa Barat.

Di ajang Pra PON ini, Nishfa ingin bertemu langsung dengan para pecatur senior seperti Grand Master Wanita (WGM) Irene Kharisma Sukandar dan Celshie Monica Sihete yang kenyang menjadi wakil Indonesia di ajang Olimpiade, SEA Games, dan Asean Games.

Baca juga: Siaga Bencana Musim Hujan di Wilayah Kalsel

“Pada Kualifikasi Pra PON kali ini, saya berharap bisa bertemu langsung dengan para pecatur handal Indonesia seperti Irene Kharisma, Celshie Monica Sihite, dan Umi Fisabilillah,” ungkap Nishfa kepada Kanalkalimantan.com, Senin (27/11/2023).

Menurutnya, kehadiran mereka di kelas catur standar perorangan puteri merupakan tantangan berat yang harus dihadapi dalam pertandingan resmi (Pra PON) sebagai sebuah pengalaman sangat berharga.

Remaja putri 15 tahun ini, mengaku ingin sekali meningkatkan ilmu catur dan pengalaman tandingnya di tingkat nasional maupun internasional dengan bermain menghadapi para pecatur dengan gelar GM dan MI.

Baca juga: Dari Rakerwil MLH PWM Kalsel, Atasi Perubahan Iklim Perlu Aksi Nyata Bukan Wacana

Dirinya mengaku, kurang persiapan dan pembiayaan menghadapi Pra PON, lantaran baru diberi kabar oleh Pengprov Percasi Kalsel sebagai perwakilan kontingen Kalsel pada event ini.

“Saya diberitahu tentang kepastian untuk mewakili Kalsel sekitar seminggu sebelum berangkat dan akan bertanding pada kelas catur standar perorangan puteri, sedangkan biaya untuk keberangkatan dibebankan kepada Pengcab Percasi HSU,” jelas Nishfa.

Hal senada juga diungkapkan Pengurus Pengcab Percasi HSU, Ahmad Raihan Hasa, yang juga merupakan pelatih sekaligus orangtua Nishfa.

Baca juga: Bawaslu Kalsel Sebut di Medsos Paling Rawan Pelanggaran Kampanye

“Keberangkatan Nishfa mengikuti Babak Kualifikasi PON sangat dadakan, kurang persiapan dan terkendala masalah dana untuk keberangkatan,” beber Raihan.

Kendati terkendala biaya dan persiapan, Raihan berharap Nishfa tampil maksimal, meskipun lawan yang dihadapi cukup berat di kelas catur standar perorangan puteri, dimana semua kategori akan bermain 9 babak.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pengprov Percasi Kalsel yang telah memberikan kepercayaan kepada Nishfa Dayyana Rahmah untuk menjadi atlet Kalsel, Ketua Pengcab Percasi HSU Almien Ashar Safari dan para donatur yang membantu biaya keberangkatan Nishfa mengikuti Babak Kualifikasi PON XXI 2024,” pungkas Raihan.

Baca juga: Sultan Aulia Peraih Perak Pomnas XVIII, Bidik Gelar Master Nasional di 2025

Babak kualifikasi PON XXI dibuka secara resmi oleh Ketua KONI Provinsi Jawa Barat, Sabtu (25/11/2023) malam. dihadiri oleh Ketua KONI Pusat dan PB Percasi, serta utusan dari Pengprov Percasi Provinsi se Indonesia. (Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor: bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email