Connect with us

Kabupaten Banjar

Pasar Kuliner Martapura Tahap Pertama Mulai Diisi Para Pedagang

Diterbitkan

pada

Suasana di pasar kuliner Martapura yang mulai diisi pedagang Foto : rendy

MARTAPURA, Usai melengkapi berkas dan sejumlah persyaratan yang disepakati bersama antara Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bauntung Batuah dengan para pedagang, sebanyak 18 bak toko/warung di Pasar Kuliner Martapura tahap pertama sudah mulai diisi pedagang, Selasa (16/4).

“Kalau saya sudah sejak Minggu mulai berjualan di sini.Alhamdulillah dengan kondisi pasar yang baru seperti ini sangat nyaman,” ujar salah seorang pedagang di Pasar Kuliner Modern Martapura Zainuddin.

Ditambahkan Zainuddin, jika dilihat dari fasilitas yang diberikan pemerintah daerah, maka sudah sangat memuaskan. Saat ini pedagang tidak lagi becek-becekan untuk berjualan. Suasana sudah nampak bersih, begitu juga ketersediaan air dan listrik.

“Saya mewakili pedagang disini sangat beryukur sekarang kami berjualan sudah sangat nyaman disediakan fasilitas seperti ini oleh pemerintah Kabupaten Banjar,” katanya.

Ditanya omset pendapatan sejak beberapa hari berdagang di pasar kuliner baru, Zainuddin mengaku ada peningkatan hingga dua kali lipat.

“Kalau omset Alhamdulillah lebih meningkat, mungkin karena suasananya yang nyaman dan bersih seperti ini sehingga orang yang datang juga enak dan nyaman,” akunya.

Sekda Banjar Nasrunsyah yang sempat berkunjung ke lokasi Pasar Kuliner Martapura tahap pertama, mengaku bangga melihat pasar kuliner sudah mulai beroprasi. Apalagi respon dari masyarakat sudah mulai terlihat.

“Saya tadi sengaja datang ke sini, ternyata respon masyarakat luar biasa, ini saja sudah banyak yang mampir dan makan minum,” ujarnya.

Walaupun diakui masih ada beberapa kekurangan, misalnya apabila terjadi hujan deras dan panas matahari masih bisa masuk di bagian pasar kuliner karena atap bangunannya yang tinggi.

“Ini harus kita carikan solusi, harus ada penyempurnaan lagi supaya lebih nyaman,” ujarnya.

Sementara Direktur PD Pasar Bauntung Batuah Martapura Rusdiansyah mengatakan, sudah ada 18 pedagang yang termasuk dalam pembongkaran bangunan pasar kuliner tahap pertama yang menyewa lokasi.

Mereka yang tergabung dalam pembongkaran pasar kuliner tahap pertama sudah melengkapi berkas penempatan di pasar kuliner CBS Martapura. “Alhamdulillah mereka sudah mulai berjualan sejak hari Minggu kemarin, dalam waktu dekat ini rencananya pasar akan segera kita resmikan,” bebernya.

Sebelumnya sebanyak 48 kios pedagang proyek pembangunan penataan Pasar Kuliner CBS Martapura tahap kedua akan mulai dikerjakan pada Juni mendatang. Begitu disampaikan Sekretaris Dinas Perdagangan (Disperindag) Banjar Ferryansyah.

“Untuk proyek pasar modern tahap pertama senilai Rp1,04 miliar sudah selesai, sekarang tinggal tahap kedua dengan Pagu anggaran Rp 2,4 miliar. Insya Allah akan dilaksanakan pada bulan puasa itu atau setelah Ramadhan,” ujarnya.

Ditambahkan Ferry, progres pembangunan pasar modern kuliner lanjutan tahap kedua hingga sekarang tinggal menunggu sosialisasi, pemindahan alokasi penempatan pedagang nantinya akan dipindahkan sementara. Difasilitasi oleh Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bauntung Batuah.

Masih di tempat sama, Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Banjar Jimmy menambahkan, untuk bangunan tahap kedua fisik bangunan akan sama persis dengan bangunan pasar kuliner modern tahap pertama.

Namun dilengkapi fasilitas untuk penyandang disabilitas. Selain itu, juga akan disiapkan 60 kursi dengan 30 meja makan.“Sementara untuk ukuran kiosnya itu sekitar 2,5 x 3 meter, Insya Allah selesai selama 6 bulan pengerjaan,” pungkasnya. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->