Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

Partisipasi Vaksinasi Covid-19 di HSU Tertinggi di Kalsel, Capai 68, 53 Persen

Diterbitkan

pada

Cakupan partisipasi Nakes di Kabupaten HSU menjadi yang tertinggi di Kalsel. Foto: dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Tingkat partisipasi tenaga kesehatan (Nakes) dalam program vaksinasi Covid-19 Sinovac tahap pertama di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mencapai 97,2 persen.

Hal ini menjadikan angka cakupan partisipasi Kabupaten HSU tertinggi yakni 68.53 persen di tingkat kabupaten kota se Kalimantan Selatan.

“Vaksinasi Covid-19 HSU tercatat tertinggi dari seluruh kabupaten kota di Kalsel, baik dari tingkat partisipasi Nakes maupun cakupan vaksinasi kepada Nakes,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU H Danu Frans Fotohena kepada kanalkalimantan.com, Minggu (7/2/2021) saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut, Danu mengaku bersyukur tingginya partisipasi vaksinasi tahap pertama ini menunjukkan antusiasme para tenaga kesehatan dalam program vaksinasi Covid-19 tahap pertama.



Ia menyebutkan cakupan vaksinasi Covid-19 HSU kepada Nakes dosis pertama sudah mencapai 68,50 persen atau sudah hampir 70% dalam kurun waktu 5 hari kegiatan vaksinasi.

Sedangkan yang tidak dapat diberikan vaksinasi, kata Danu dikarena komorbid atau beberapa alasan kesehatan lainnya ada sebanyak 159 orang atau 12,73 persen, dengan tingkat partisipasi Nakes 97,2 persen.

Sementara Nakes tertunda karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan pada jadwal semula. Danu meyakinkan bahwa para nakes yang tertunda tersebut bakal diberikan vaksinasi susulan, jika kondisinya sudah memungkinkan untuk divaksinasi setelah diberikan jeda waktu istirahat dalam beberapa hari.

“Yang ditunda sebanyak 208 atau 16,68% akan kita follow up terus, jika stabil langsung kita vaksin. untuk sisa vaksin tetap berada di puskesmas agar memudahkan para nakes-nakes melakukan vaksinasi, jadi vaksinnya tidak kemana-mana ” Pungkasnya(kanalkalimantan.com/dew)

 

Reporter : Dew
Editor : Bie

 

 

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->