Connect with us

Olahraga

Nishfa Juara Catur Kilat Junior Online Percasi Kalsel 2022

Diterbitkan

pada

Nishfa Dayyana Rahmah, pecatur muda asal Kabupaten HSU. Foto: dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Pecatur muda asal Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Nishfa Dayyana Rahmah kembali torehkan prestasi terbaiknya. Tampil di ajang Kejuaraan Catur Kilat Online Seri 1 Kelompok Junior Putera Puteri se Kalimantan Selatan 2022, Nishfa -biasa disapa- keluar sebagai juara pertama.

Event kejuaraan diselenggarakan oleh Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalsel pada 12 Maret 2022 lalu, Master Nasional Wanita (MNW) ini berhasil meraih juara pertama setelah meraih poin 11,5 dari 13 babak yang dimainkan.

Pada babak kedia Nishfa sempat ditahan imbang oleh pecatur asal Banjaramasin Muhammad Fahri Aini dan kalah dibabak kelima dengan kakak kandung sendiri Helma Ghinaya, sama-sama dari Kabupaten HSU.

Meski kalah di babak kelima tak membuat semangat Nishfa goyah. Malah menjadi motivasi baginya untuk mengejar ketertinggalan poin, sehingga berhasil meraih kemenangan full pada delapan babak sisanya.



 

Baca juga  : Sambut Harjad ke-19 Tanbu, Disbudporpar Gelar Lomba Kreasi Barang Bekas

“Alhamdulillah, saya bisa meraih juara satu, saya akui lawan yang saya hadapi sangatlah berat, karena saya harus bertanding dengan para junior putera dan puteri terbaik Kalsel, yang rata-rata usia di atas saya,” terang Nishfa kepada kanalkalimantan.com, Selasa (15/3/2022) siang.

Terpisah, pelatih catur HSU Master Nasional Ahmad Raihan Hasa mengakui keberhasilan Nishfa dalam kejuaran catur kilat online kemarin, buah keuletan dan ketekunan Nishfa dalam berlatih catur.

“Disamping itu karena adanya dukungan dari semua pihak, baik pemerintah daerah, disporapar, koni dan pihak percasi hsu yang selalu melakukan pembinaan berkesinambungan untuk kemajuan olahraga catur di HSU,” ujar pelatih sekaligus ayah Nisfha.

Raihan menambahkan banyak kendala yang harus dihadapi atlet catur dalam bermain catur online. Diantaranya jaringan internet, kemampuan dan fasilitas handphone (HP), serta kemampuan atau RAM pada laptop sebagai sarana catur online.

 

Baca juga  : Fase Puncak Terjadi 19 Februari, Maret Kasus Covid di Banjarbaru Tren Menurun

Sejak masa pandemi covid -19 dan sampai sekarang, hampir setiap jam dan setiap hari ada kejuaraan catur online yang diselenggarakan melalui aplkiasi lichess.org.

“Kondisi ini tentunya menjadi kesempatan bagi atlet catur HSU untuk ikut bermain dan menambah pengalaman jam tanding. Tetapi terkadang semuanya terkendala karena harus memiliki hand phone atau laptop sebagai alat atau sarana untuk ikut bermain,” jelasnya.

Diketahui pada kejuaraan catur kilat online Pengprov Percasi Kalsel kemarin, para juara bakal diklarifikasi oleh pihak Pengprov Percasi Kalsel selama 3 hari, dan apabila terdapat pemain yang berlaku curang maka akan didiskualifikasi sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Pada kejuaraan catur kilat online juara ketiga juga ditempati pecatur HSU lainnya yaitu MP M Rizky Prima Nugraha dan peringkat keenam serta kedepalan juga ditempati oleh pecatur HSU.

“Terima kasih kami sampiakan kepada semua pihak yang selalu mendukung kemajuan catur di HSU,” pungkas Raihan. (Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->