Connect with us

Kota Banjarbaru

Nikmatnya Apam Batil Khas Banjar Disantap di Pinggir Sungai Kampung Pelangi

Diterbitkan

pada

Apam batil yang dijual di kedai Kampung Pelangi Banjarbaru. Foto : wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARARU – Menikmati makanan tradisional saat berkunjung ke tempat wisata di Banjarbaru merupakan kegiatan liburan yang menyenangkan. Salah satu destinasi yang menjadi daya tarik terbaru masyarakat adalah Wisata Kuliner Kampung Pelangi.

Bantaran sungai Kemuning yang awalnya menjadi tempat wisata lokal kekinian kini berkembang dengan munculnya kedai-kedai mini berbentuk booth yang menjadi pusat jajanan.

Salah satunya Kedai Kai Asun. Berbeda dengan kedai lainnya, Kedai Kai Asun menjual aneka makanan tradisional Banjar, seperti apam batil, puracit, laksa, kokoleh, lupis, dan akar pinang. Sedangkan untuk menu best seller-nya adalah laksa, apam batil, dan kokoleh.

“Semuanya wadai di sini banyak peminatnya, tapi yang paling sering dibeli adalah laksa, apam batil, dan kokoleh,” ujar pemilik kedai, Asun.



 

 

Suasana di pinggir Sungai Kemuning wisata kuliner Kampung Pelangi. Foto: wanda

Baca juga : Kepergok Curi Motor di Liang Anggang, Residivis Ditangkap Warga

Adapun harga menu yang ada di Kedai Kai Asun tergolong murah. Untuk apam, puracit, laksa, kokoleh, lupis, putu mayang, akar pinang mulai dari Rp 3.000. Sementara yang paling mahal adalah laksa dengan harga Rp3.500 per buah.

Asun yang pekerjaan sehari-harinya adalah berjualan hidangan sayur di Kampung Warga Tunggal Kemuning merasa terbantu ekonominya sebab banyak warga lokal maupun luar daerah berkunjung ke tempat wisata Kampung Pelangi ini.

“Alhamdullilah ramai pengunjung setiap harinya, kalau hujan walaupun sedikit sepi tetapi ada saja pengunjung,” ujarnya.

Setiap sore kedai mini itu bisa disinggahi. Jika berkunjung pada malam hari, lampu-lampu warna warni dan musik tradisional turut memeriahkan tempat kuliner sekaligus tempat untuk bersantai ini.

Seperti halnya Santi yang puas sehingga sering berkunjung ke tempat wisata Kampung Pelangi ini.

 

Baca juga : Polres Kotabaru Musnahkan 29,42 Gram Sabu dari Tiga Kasus Narkoba

“Ramai sekali pengunjung berdatangan, terutama pada malam minggu. Tempatnya bersih, enak untuk bersantai, banyak makanan yang dijual dengan rasa yang enak dan harganya sesuai standar, seperti apam batil di Kedai Kai Asun ini,” ujar Santi, salah satu penikmat wisata di Kampung Pelangi.

Dengan adanya berbagai fasilitas wisata dan tempat yang sangat mendukung, diharapkan dapat mendongkrak pendapatan warga di sekitarnya, terutama bagi warga Kampung Kemuning yang bekerja di kawasan wisata ini.

Wisata Kampung Pelangi menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi. Pengunjung tidak hanya diajak bersantai menikmati lukisan mural dengan berswafoto, tetapi perut pun turut dimanjakan dengan berbagai kuliner.

Jika berniat untuk berkunjung ke Kedai Kai Asun silahkan datang ke Wisata Kampung Pelangi Jalan Kemuning Ujung, Loktabat Sel, Kota Banjar Baru. (kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : cell


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->