Connect with us

Kota Banjarbaru

Nakes di Banjarbaru Mulai Disuntik Vaksin Booster Dosis Kedua

Diterbitkan

pada

Vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua bagi tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Banjarbaru mulai dilaksanakan hari ini, Jumat (26/8/2022). foto: ibnu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua bagi tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Banjarbaru mulai dilaksanakan hari ini, Jumat (26/8/2022).

Sebagai contoh, vaksin booster kedua ini juga dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru, dr Juhai Triyanti Agustina, di lantai 1 kantor Dinkes Kota Banjarbaru.

“Dinkes duluan yang lain mengikuti, rumah sakit, Puskesmas dan fasilitas kesehatan yang lainnya,” ujarnya.

Dikatakan dr Juhai, vaksinasi booster kedua ini, sementara diperuntukan untuk Nakes terlebih dahulu.



 

 

Baca juga: Buruk di Awal Musim, Barito Putera Pecat Coach Dejan Antonic

“Untuk nakes di Puskesmas nanti pelaksanaannya di Puskesmas masing-masing, ini sudah bisa untuk seluruh Nakes se Kota Banjarbaru,” sebutnya.

Ia menerangkan. berdasarkan rekomendasi, vaksinasi booster kedua bisa memakai jenis vaksin moderna dan pfizer.

Dinkes Banjarbaru akan menyasar 1.954 orang Nakes yang akan berikan booster kedua.

“Capaian vaksinasi booster kedua di Banjarbaru 0,97 persen dari 1.954 Nakes, pemberian booster kedua ini minimal 6 bulan dari booster satu,” tuturnya.

Sementara untuk masyarakat sendiri dikatakan dr Juhai belum bisa, disebabkan belum ada arahan dari pemerintah.

“Untuk masyarakat umun belum, jadi kita bertahap menunggu arahan dari pemerintah, kalau sudah boleh dan aplikasinya sudah dibuka baru untuk masyarakat umum,” bebernya.

Menurut dr Juhai vaksinasi booster keduanya sama dengan vaksinasi sebelumnya, untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh.

Di tempat yang sama salah seorang Nakes dari Dinkes Kota Banjarbaru, Yanti mengatakan dirinya sudah mendapat vaksinasi booster kedua dan dari awal tidak merasakan efek samping apapun.

Baca juga: 15 Saksi Akui Bantu Ferdy Sambo Kaburkan Fakta Pembunuhan

“Sampai sekerang dari pertama sampai keempat Alhamdulillah tidak ada efek samping apa-apa, hanya sedikit pegal saja,” katanya.

Dirinya mengimbau agar segera melakukan vaksinasi Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Masyarakat jangan takut untuk vaksin, kita hanya berusaha dengan memaksimalkan vaksin, tingkatkan protokol kesehatan, jangan menganggap Covid sudah tidak ada, setidaknya dengan vaksin ini kita bisa meminimalisir jika terserang Covid-19,” imbaunya.(Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->